Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN 5 April 2020 : TENTANG HARI ORANG MUDA SEDUNIA


Saudara-saudari yang terkasih,

Sebelum mengakhiri perayaan ini, saya ingin menyapa semua orang yang telah ambil bagian melalui sarana komunikasi sosial. Secara khusus, saya memikirkan kaum muda di seluruh dunia, yang sedang hidup dengan cara yang tidak biasa, di tingkat keuskupan, hari ini Hari Orang Muda Sedunia. Hari ini direncanakan penyerahan Salib oleh kaum muda Panama kepada kaum muda Lisbon. Perilaku yang menggugah pikiran ini telah ditangguhkan hingga 22 November, Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam. Seraya menunggu saat itu, saya mengimbau kalian, kaum muda, untuk memupuk dan memberi kesaksian tentang pengharapan, kemurahan hati <dan> kesetiakwanan yang dibutuhkan kita semua di masa sulit ini.


Besok, tanggal 6 April, adalah Hari Olahraga untuk Pembangunan dan Perdamaian Sedunia, yang digagas oleh Perserikatan Bangsa-bangsa. Dalam kurun ini, begitu banyak peristiwa telah ditangguhkan, tetapi buah-buah yang terbaik dari olahraga terbaik muncul : ketekunan, semangat tim, persaudaraan, pemberian diri yang sebaik-baiknya ... Oleh karena itu, kita meluncurkan kembali olahraga untuk perdamaian dan pembangunan.

Kaum muda yang terkasih, marilah kita berjalan dengan iman ke dalam Pekan Suci, yang di dalamnya Yesus menderita, wafat dan bangkit. Orang-orang dan keluarga-keluarga yang tidak akan dapat ambil bagian dalam perayaan liturgi diundang untuk melakukan rekoleksi dalam doa di rumah, dibantu juga dengan sarana teknologi. Marilah kita merangkul orang yang sakit rohani, keluarga-keluarga mereka dan semua orang yang merawat orang-orang dengan keanehan seperti itu; marilah kita mendoakan orang-orang yang sudah meninggal dalam terang iman Paskah. Masing-masing orang tersebut hadir dalam hati kita, dalam ingatan kita dan dalam doa kita. Dari Maria, kita belajar keheningan batin, tatapan hati, iman yang penuh kasih untuk mengikuti jalan salib Yesus, yang menuntun pada kemuliaan Kebangkitan. Maria berjalan bersama kita dan menopang pengharapan kita.