Liturgical Calendar

HOMILI MISA "PRO ELIGENDO ROMANO PONTIFICE" (12 Maret 2013)


Berikut ini adalah teks dari homili disampaikan pagi ini oleh Angelo Kardinal Sodano, Dekan Dewan Kardinal, pada Misa "Pro Eligendo Romano Pontifice", 12 Maret 2013 pukul 10.00 pagi di Basilika Santo Petrus.

'Selamanya aku akan menyanyikan kemurahan Tuhan' adalah nyanyian yang bergema sekali lagi dekat makam Rasul Petrus dalam saat penting sejarah Gereja Kristus yang Kudus. Ini adalah kata-kata dari Mazmur 89 yang telah mengalir dari bibir kita untuk menyembah, bersyukur, dan memohon kepada Bapa yang ada di sorga. 'Misericordias Domini di aeternum cantabo' adalah teks Latin yang indah yang telah memperkenalkan kita ke dalam kontemplasi akan Dia yang selalu mengawasi Gereja-Nya dengan kasih, menopangnya dalam perjalanannya selama berabad-abad, dan memberinya hidup melalui Roh Kudus-Nya.

Sikap sungguh mendalam adalah milik kita hari ini karena kita ingin memberikan diri kita bersama Kristus kepada Bapa yang ada di surga, berterima kasih kepada-Nya atas pertolongan penuh kasih yang Ia selalu cadangkan bagi Gereja yang Kudus, dan terutama bagi pontifikasi cemerlang yang Ia berikan kepada kita melalui kehidupan dan karya penerus ke-265 Petrus, Paus Benediktus XVI terkasih dan terhormat, yang kepadanya kita memperbarui pada saat ini semua rasa syukur kita.

Pada saat yang sama hari ini, kita mohon kepada Tuhan, yang melalui penerapan pastoral dari para Bapa Kardinal, Ia segera memberikan Gembala Baik lainnya bagi Gereja yang Kudus. Pada jam ini, iman dalam janji Kristus mendukung kita dalam peran Gereja yang tak kunjung padam. Memang Yesus berkata kepada Petrus: "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya" (Mat 16:18).

Saudara-saudaraku, pembacaan Sabda Allah yang baru saja kita dengar dapat membantu kita lebih memahami perutusan yang telah dipercayakan Kristus kepada Petrus dan para penerusnya.

Pesan Kasih
Bacaan pertama telah menawarkan kita sekali lagi nubuat mesianik terkenal dari bagian kedua  kitab Yesaya yang dikenal sebagai "kitab penghiburan" (Yesaya 40-66). Nubuat tersebut ditujukan kepada orang-orang Israel yang berada dalam pembuangan di Babel. Melalui nubuat ini, Allah mengumumkan bahwa Ia akan mengirim seorang Mesias yang penuh rahmat, seorang Mesias yang akan mengatakan: “Roh Tuhan Allah ada padaku....  Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan” (Yes 61:1-3).

Penggenapan nubuat tersebut sepenuhnya terwujud dalam Yesus, yang datang ke dunia untuk menghadirkan kasih Bapa bagi semua orang. Sebuah kasih yang terutama dirasakan dalam hubungan dengan penderitaan, kemiskinan ketidakadilan, dan semua kelemahan manusiawi, baik secara fisik maupun moral. Hal ini terutama ditemukan dalam ensiklik terkenal Paus Yohanes Paulus II, 'Dives di Misericordia' di mana kita membaca: "Wahana dan lingkungan yang di dalamnya kasih mewujudkan dirinya yang dalam bahasa biblis disebut "rahmat" sangatlah tepat” (No 3 ).

Perutusan rahmat ini telah dipercayakan oleh Kristus kepada para gembala Gereja-Nya. Suatu perutusan yang harus dianut oleh setiap imam dan uskup, tetapi terutama dipercayakan kepada Uskup Roma, Gembala Gereja universal. Bahkan kepada Petrus bahwa Yesus berkata demikian: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?... Gembalakanlah domba-domba-Ku" (Yoh 21:15). Dalam komentarnya tentang kata-kata ini, Santo Agustinus menulis: "Semoga hal tersebut dikarenakan tugas kasih untuk memberi makan kawanan domba Tuhan(dalam Iohannis Evangelium, 123 5; PL 35, 1967).
Memang kasih ini yang mendesak para Gembala Gereja untuk melakukan perutusan pelayanan mereka bagi masyarakat dari berbagai usia, dari karya amal langsung bahkan hingga bentuk pelayanan tertinggi, yang menawarkan kepada setiap orang terang Injil dan kekuatan kasih karunia.

Inilah yang ditulis oleh Benediktus XVI dalam Pesan Prapaskah-nya untuk tahun ini (No. 3). "Kadang-kadang kita cenderung, pada kenyataannya, untuk mengurangi istilah "amal" pada solidaritas atau sebatas bantuan kemanusiaan. Hal ini penting, namun, untuk diingat bahwa karya amal terbesar adalah evangelisasi, yang merupakan "pelayanan sabda". Tidak ada tindakan yang lebih menguntungkan - dan karena itu lebih beramal - terhadap sesama daripada memecah-mecah roti sabda Allah, membagikan bersama-Nya Kabar Baik dari Injil, memperkenalkan-Nya menuju hubungan dengan Allah: evangelisasi adalah promosi yang paling tinggi dan paling utuh akan pribadi manusia. Sebagai Hamba Allah Paus Paulus VI menulis dalam Ensiklik 'Populorum Progressio', proklamasi Kristus adalah penyumbang pertama dan utama untuk pembangunan (bdk. No 16)".

Pesan Persatuan
Bacaan kedua diambil dari surat kepada jemaat di Efesus, yang ditulis oleh Rasul Paulus di kota Roma ini selama pemenjaraannya yang pertama (62-63 AD). Suatu surat agung di mana Paulus memaparkan misteri Kristus dan Gereja-Nya. Sementara bagian pertama bersifat doktrinal (bab 1-3)​​, bagian kedua, darinya bacaan hari ini diambil, memiliki nada yang jauh lebih pastoral (bab 4-6). Dalam bagian ini Paulus mengajarkan konsekuensi praktis dari doktrin yang sebelumnya telah dipaparkan dan dimulai dengan permohonan kuat bagi kesatuan Gereja: "Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu. Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera" (Ef 4:1-3).

Santo Paulus kemudian menjelaskan bahwa dalam kesatuan Gereja, ada keragaman karunia, berdasarkan kasih karunia Kristus yang bermacam-macam, namun keragaman ini adalah fungsi pembangunan satu tubuh Kristus. "Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus (Ef 4:11-12).

Dalam teks kita, Santo Paulus mengajarkan bahwa kita masing-masing harus berkarya untuk membangun kesatuan Gereja, sehingga "Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, -- yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih (Ef 4:16). Masing-masing dari kita karena itu dipanggil untuk bekerja sama dengan Penerus Petrus, dasar yang sungguh kelihatan dari kesatuan gerejawi.

Perutusan Paus
Saudara dan saudari dalam Injil Kristus hari ini membawa kita kembali pada Perjamuan Terakhir, ketika Tuhan berkata kepada para rasul-Nya: "Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu (Yoh 15:12). Teks yang terkait pada bacaan pertama dari tindakan Mesias dalam bacaan pertama dari nabi Yesaya, mengingatkan kita bahwa sikap fundamental para Gembala Gereja adalah kasih. Kasih ini yang mendorong kita untuk menawarkan kehidupan kita sendiri untuk saudara dan saudari kita. Yesus sendiri mengatakan kepada kita: "Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya(Yoh 15:13).

Oleh karena itu sikap dasar setiap Gembala adalah untuk memberikan nyawanya bagi domba-dombanya (Yoh 10:15). Hal ini juga berlaku untuk Penerus Petrus, Gembala Gereja Universal. Sebagai jabatan pastoral tinggi dan universal, sehingga harus jauh lebih besar amal Sang Gembala. Dalam hati setiap Penerus Petrus, kata-kata yang suatu hari diucapkan oleh Sang Guru Ilahi kepada nelayan Galilea yang rendah hati telah bergema kembali: Diligis me plus his? Pasce agnos meos ... pasce oves meas (Apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini? Gembalakanlah domba-domba-Ku....Gembalakanlah domba-domba-Ku) (Yoh 21:15-17). 

Dalam bangun pelayanan kasih terhadap Gereja dan terhadap semua umat manusia ini, para paus terakhir adalah pembangun begitu banyak prakarsa baik untuk manusia dan untuk masyarakat internasional, tanpa lelah mempromosikan keadilan dan perdamaian. Mari kita berdoa sehingga Paus berikutnya dapat terus berkarya tanpa henti ini pada tingkat dunia.

Selain itu, pelayanan amal ini merupakan bagian dari sifat keakraban alamiah Gereja. Paus Benediktus XVI mengingatkan kita fakta ini ketika ia berkata: "Pelayanan amal juga merupakan unsur pokok perutusan Gereja dan ungkapan yang tak terpisahkan dari jati dirinya (Surat Apostolik dalam bentuk motu proprio Intima Ecclesiae Natura, 11 November 2012, pendahuluan; bdk. Deus caritas est, no. 25).

Perutusan amal yang tepat bagi Gereja, dan dengan cara tertentu tepat bagi Gereja Roma, yang dalam ungkapan indah dari Santo Ignatius dari Antiokia, adalah Gereja yang 'memimpin dalam amal' (praesidet caritati) (bdk. Ad Romanos (kata pengantar);. Lumen Gentium, no 13).Saudara-saudaraku, marilah kita berdoa sehingga Tuhan akan memberikan kita Paus yang akan merangkul perutusan mulia ini dengan murah hati. Kita memohon ini dari Tuhan, melalui perantaraan Maria tersuci, Ratu Para Rasul dan Ratu Para Martir dan Para Kudus, yang melalui perjalanan sejarah, membuat Gereja Roma yang mulia ini sepanjang masa. Amin.