Liturgical Calendar

NAMA SANTO YOSEF DITAMBAHKAN PADA DOA SYUKUR AGUNG II, III, DAN IV

Pada hari Rabu, 19 Juni 2013, Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tertib Sakramen mengeluarkan dekrit tertanggal 1 Mei 2013 dan ditandatangani oleh Prefek dari Dikasti itu, Antonio Kardinal Canizares Llovera, yang menetapkan bahwa, setelah Santa Perawan Maria, nama suaminya Santo Yosef juga dibacakan dalam Doa Syukur Agung II, III, dan IV. 

"Umat beriman dalam Gereja Katolik", membaca dekrit tersebut, "telah menunjukkan devosi berkesinambungan kepada Santo Yosef dan telah sungguh-sungguh dan terus-menerus menghormati kenangannya sebagai suami tersuci dari Bunda Allah dan sebagai Pelindung surgawi dari Gereja semesta. Karena alasan ini Beato Paus Yohanes XXIII, pada hari-hari Konsili Ekumenis Vatikan II yang Mahakudus, mengeluarkan dekrit bahwa nama Santo Yosef ditambahkan pada Kanon Romawi kuno. Dalam menanggapi petisi-petisi yang diterima dari tempat-tempat di seluruh dunia, Paus Benediktus XVI menganggap petisi-petisi tersebut layak implementasi dan dengan anggun menyetujuinya. Paus Fransiskus juga baru-baru ini mengukuhkannya. Dalam hal ini para Paus memiliki di hadapan mata mereka persekutuan penuh Para Kudus yang, pernah berziarah di dunia ini, kini menuntun kita kepada Kristus dan mempersatukan kita dengan Dia".

“Sehubungan dengan teks Latin, rumusan-rumusan tersebut dengan ini dinyatakan khusus. Dengan sendirinya Kongregasi akan segera menyediakan terjemahan asli dalam bahasa-bahasa Barat yang lebih luas; mengenai bahasa-bahasa lain, terjemahan harus dipersiapkan oleh Konferensi Waligereja, menurut norma hukum, untuk dikukuhkan oleh Takhta Suci melalui Dikasteri ini”.

Berikut adalah rumusan-rumusannya:  

  • Dalam Doa Syukur Agung II : “... ut cum beáta Dei Genetríce Vírgine María, beáto Ioseph, eius Sponso, beátis Apóstolis....” (“.... yang bersama Santa Maria, Perawan dan Bunda Allah, bersama Santo Yosef, suaminya, bersama para rasul....”) 
  • Dalam Doa Syukur Agung III: “.... cum beatíssima Vírgine, Dei Genetríce, María, cum beáto Ioseph, eius Sponso, cum beátis Apóstolis....” (“..... bersama Santa Perawan Maria, Bunda Allah, bersama Santo Yosef, suaminya, bersama para rasul-Mu yang kudus.....”) 
  • Dalam Doa Syukur Agung IV: “.....cum beáta Vírgine, Dei Genetríce, María, cum beáto Ioseph, eius Sponso, cum Apóstolis.....” (“.... bersama Santa Perawan Maria, Bunda Allah, bersama Santo Yosef, suaminya, bersama para rasul....”)


Sumber : Radio Vatikan