Liturgical Calendar

RINGKASAN ANJURAN APOSTOLIK PERTAMA PAUS FRANSISKUS “EVANGELII GAUDIUM”

Paus Fransiskus mengeluarkan anjuran apostoliknya yang pertama, Evangelii Gaudium (Sukacita Injil) pada tanggal 26 November 2013. Anjuran apostolik tersebut mengembangkan tema pemberitaan Injil dalam dunia masa kini. Berikut ini adalah ringkasan singkat Evangelii Gaudium.

**********

Sukacita Injil memenuhi hati dan kehidupan semua orang yang berjumpa Yesus. Jadi mengawali Anjuran Apostolik Evangelii Gaudium, yang olehnya Paus Fransiskus mengembangkan tema pemberitaan Injil dalam dunia masa kini, mengambil dari, di antara sumber-sumber lain, sumbangsih karya Sinode yang diadakan di Vatikan, 7-28 Oktober 2012, dengan tema evangelisasi baru untuk penerusan iman. Saya ingin mendorong umat Kristiani untuk memulai sebuah babak baru evangelisasi yang ditandai dengan sukacita ini, sambil menunjukkan jalan baru bagi perjalanan Gereja-gerejas di tahun yang akan datang (1). Merupakan daya tarik yang tulus bagi semua orang yang dibaptis untuk membawa kasih Kristus kepada orang lain, secara tetap dalam sebuah keadaan perutusan (25), menaklukkan bahaya besar dalam dunia masa kini, yakni sebuah kebinasaan dan penderitaan berat yang bersifat pribadi (2).

Paus Fransiskus mengajak pembaca untuk memulihkan kesegaran asli dari Injil, menemukan cara baru dan jalan baru kreativitas, tanpa mengurung Yesus dalam kategori membosankan (11). Ada sebuah kebutuhan untuk sebuah pertobatan yang bersifat pastoral dan perutusan, yang tidak bisa meninggalkan hal-hal sebagaimana adanya saat ini (25) dan sebuah pembaharuan struktur-struktur gerejawi yang memungkinkan mereka menjadi lebih berorientasi pada perutusan (27). Paus juga memikirkan sebuah pertobatan kepausan untuk membantu membuat pelayanan ini lebih setia kepada makna yang Yesus Kristus inginkan untuk diberikan baginya dan bagi kebutuhan evangelisasi saat ini. Harapan bahwa Konferensi Wali Gereja dapat berkontribusi terhadap realisasi konkret semangat kolegial, beliau menyatakan, belum terealisasi sepenuhnya (32). Sebuah desentralisasi yang bersuara diperlukan (16). Dalam pembaryan ini, Gereja tidak perlu takut untuk memeriksa kembali kebiasaan-kebiasaan tertentu yang tidak secara langsung terhubung kepada inti pokok Injil, bahkan beberapa di antaranya memiliki akar sejarah yang dalam (43).

Sebuah tanda keterbukaan Allah yaitu pintu-pintu gereja kita harus selalu terbuka sehingga orang-orang yang mencari Allah tidak akan menemukan sebuah pintu yang tertutup; atau tidak seharusnya pintu-pintu sakramen tertutup karena alasan sederhana apapun. Ekaristi bukan sebuah hadiah untuk kesempurnaan tetapi obat dan makanan yang berdayaguna bagi yang lemah. Keyakinan-keyakinan ini memiliki konsekuensi pastoral sehingga kita dipanggil untuk mempertimbangkan dengan kehati-hatian dan keberanian (47). Beliau mengulangi bahwa beliai lebih menyukai Gereja yang memar, terluka dan kotor karena telah keluar di jalan-jalan, daripada Gereja yang lebih suka berada di pusat dan kemudian berakhir dengan menjadi terperangkap dalam sebuah jaring-jaring obsesi dan prosedur. Jika sesuatu semestinya akan mengganggu kita adalah kenyataan bahwa banyak saudara dan saudari kita hidup tanpa persahabatan Yesus Kristus (49).

Paus menunjukkan godaan-godaan yang mempengaruhi para pekerja pastoral (77) : individualisme , krisis jati diri dan kebekuan semangat (78). Ancaman terbesar dari semua adalah pragmatisme abu-abu dari kehidupan harian Gereja, yang di dalamnya semua muncul untuk melanjutkan secara normal, yang pada kenyataannya iman sedang dikenakan di bawah (83). Beliau memperingatkan terhadap paham kekalahan (84), mendesak orang-orang Kristiani untuk menjadi tanda-tanda harapan ( 86 ), membawa sebuah revolusi kelembutan (88). Diperlukan untuk mencari perlindungan dari spiritualitas kesejahteraan yang terlepas dari tanggung jawab untuk saudara dan saudari kita (90) dan mengalahkan keduniawian spiritual yang terdiri dari mencari bukan kemuliaan Tuhan tetapi kemuliaan manusia dan kesejahteraan ( 93 ). Paus berbicara tentang banyak orang yang merasa superior terhadap orang lain karena mereka tetap setia dengan berkeras pendirian kepada gaya Gereja Katolik tertentu dari masa lalu di mana bukan evangelisasi, seseorang menganalisa dan menggolong orang lain (94). Dan mereka yang memiliki keasyikan mewah untuk liturgi, untuk doktrin dan untuk prestise Gereja, tetapi tanpa kekhawatiran bahwa Injil memiliki dampak nyata pada kebutuhan masyarakat (95). Ini adalah korupsi yang luar biasa menyamar sebagai Allah yang baik menyelamatkan kita dari Gereja duniawi dengan  spiritual dan ornamen pastoral yang dangkal! (97).

Beliau menyerukan kepada komunitas gerejawi untuk tidak menjadi mangsa iri hati dan kedengkian : Berapa banyak peperangan berlangsung dalam umat Allah dan komunitas-komunitas kita yang berbeda! (98). Kepada siapa kita akan berevangelisasi jika hal ini merupakan cara kita bertindak? (100). Beliau menyoroti kebutuhan untuk menggalakkan pertumbuhan tanggung jawab kaum awam, seringkali dijauhkan dari pengambilan keputusan oleh klerikalisme berlebihan (102). Beliau menambahkan bahwa ada masih kebutuhan untuk peluang yang lebih luas bagi kehadiran perempuan secara lebih tajam dalam Gereja, khususnya dalam berbagai pengaturan di mana keputusan-keputusan penting dibuat (103). Tuntutan bahwa hak hukum perempuan harus dihormati tidak dapat dihindari (104). Orang-orang muda harus melatih kepemimpinan yang lebih besar (106). Sehubungan dengan kelangkaan panggilan di banyak tempat, beliau menekankan bahwa seminari-seminari tidak dapat menerima calon atas dasar motivasi apapun (107).

Berkenaan dengan tema inkulturasi, beliau menyatakan bahwa Kekristenan tidak memiliki hanya satu ungkapan budaya dan bahwa wajah Gereja beraneka ragam (116). Kita tidak bisa menuntut bahwa orang-orang dari setiap benua, dalam mengungkapkan iman Kristiani mereka, meniru bentuk ungkapan yang dikembangkan negara-negara Eropa pada saat tertentu sejarah mereka (118). Paus menegaskan kembali bahwa yang mendasari kesalehan yang bersifat umum adalah sebuah kekuatan pberevangelisasi secara aktif (126) dan mendorong penelitian para teolog, mengingatkan mereka bahwa bagaimanapun Gereja dan teologi ada untuk berevangelisasi dan mendesak mereka untuk tidak puas dengan sebuah teologi terikat-meja (133).

Beliau berfokus agak teliti, pada homili, karena banyak kekhawatiran telah dikemukakan tentang pelayanan penting ini dan kita tidak bisa begitu saja mengabaikan mereka (135). Homili harus singkat dan menghindari mengambil kemiripan pidato atau ceramah (138); harus menjadi komunikasi dari hati ke hati dan menghindari khotbah yang murni moralistis atau doktriner (142). Beliau menyoroti pentingnya persiapan : seorang pengkhotbah yang tidak mempersiapkan diri tidak spiritual; ia tidak jujur ​​dan tidak bertanggung jawab (145). Khotbah harus selalu positif dalam rangka selalu menawarkan harapan dan tidak meninggalkan kita terjebak dalam negativitas (159). Pendekatan terhadap pemberitaan Injil harus memiliki karakteristik positif: kedekatan, kesiapan untuk dialog, kesabaran, kehangatan dan  penyambutan, yang tidak menghakimi (165).

Sehubungan dengan tantangan dunia masa kini, Paus mencela sistem ekonomi saat ini sebagai tidak adil pada akarnya (59). Ekonomi seperti itu membunuh karena hukum kelangsungan hidup yang terpantas berlaku. Budaya pembuangan saat ini telah menciptakan sesuatu yang baru: yang dibuang bukan dimanfaatkan tetapi terbuang, sisa-sisa (53). Sebuah tirani baru lahir, tak terlihat dan sering tidak kasat mata, otonomi pasar yang di dalamnya spekulasi keuangan dan korupsi yang tersebar luas serta penghindaran pajak pemerintah untuk melayani diri sendiri (56). Beliau juga mencela serangan terhadap kebebasan beragama dan penganiayaan baru yang diarahkan terhadap orang-orang Kristiani. Di banyak tempat masalah lebih dari ketidakpedulian dan relativisme yang luas (61). Keluarga, Paus melanjutkan, sedang mengalami krisis budaya yang mendalam. Mengulangi kontribusi perkawinan bagi masyarakat yang sangat diperlukan (66), beliai menggarisbawahi bahwa individualisme jaman postmodern dan global kita mendukung gaya hidup yang mengaburkan ikatan keluarga (67).

Beliau menekankan kembali - hubungan mendalam antara evangelisasi dan kemajuan manusia (178 ) dan hak para gembala untuk menawarkan pendapat tentang semua yang mempengaruhi kehidupan orang-orang (182). Tidak seorang pun bisa menuntut agar agama harus diturunkan ke tempat suci dalam kehidupan pribadi, tanpa hak untuk memberikan pendapat tentang peristiwa-perisriwa yang mempengaruhi masyarakat. Beliau mengutip Yohanes Paulus II , yang mengatakan bahwa Gereja tidak dapat dan tidak harus tetap di sela-sela dalam perjuangan untuk keadilan (183). Bagi Gereja, pilihan bagi masyarakat miskin terutama merupakan sebuah kategori teologis daripada sebuah kategori sosiologis. Ini adalah mengapa saya menginginkan sebuah Gereja yang miskin dan bagi orang miskin. Mereka memiliki banyak untuk mengajar kita (198). Selama masalah-masalah orang miskin tidak secara radikal diselesaikan akan tidak ada penyelesaian yang ditemukan untuk masalah-masalah dunia ini (202). Politik, walaupun sering direndahkan, beliau menegaskan, tetap menjadi sebuah panggilan yang tinggi dan salah satu bentuk tertinggi dari amal. Saya mohon kepada Tuhan untuk memberikan kita lebih banyak politisi yang benar-benar terganggu dengan kehidupan masyarakat miskin! (205). Beliau menambahkan sebuah peringatan : Setiap komunitas Gereja , jika mempercayainya bisa melupakan orang miskin, menjalankan resiko mogok.

Paus mendesak perawatan bagi para anggota masyarakat yang paling lemah : para tunawisma, pecandu, pengungsi, masyarakat adat, orang tua yang semakin terasing dan ditinggalkan serta kaum migran, yang kepadanya Paus mendesak keterbukaan yang murah hati (210). Beliau berbicara tentang korban perdagangan manusia dan bentuk-bentuk baru perbudakan : jaringan terkenal kejahatan ini kini mapan di kota-kota kita, dan banyak orang memiliki darah di tangan mereka sebagai akibat dari keterlibatan nyaman dan tutup mulut mereka (211). Secara tak bersalah orang-orang miskin adalah perempuan-perempuan yang bertahan dalam situasi pengecualian, penganiayaan dan kekerasan (212). Di antara mereka yang rentan yang kepadanya Gereja ingin peduli dengan kasih dan perhatian khusus adalah anak-anak yang belum lahir, yang paling berdaya dan tidak bersalah di antara kita. Saat ini upaya dilakukan untuk menyangkal martabat mereka sebagai manusia (213). Gereja tidak dapat diharapkan untuk mengubah posisinya pada pertanyaan ini tidak secara progresif mencoba menyelesaikan masalah dengan menghilangkan kehidupan manusia (214). Paus membuat sebuah seruan untuk menghormati semua ciptaan : kita dipanggil untuk mengawasi dan melindungi dunia yang rapuh di mana kita hidup (216).

Berkenaan dengan tema perdamaian, Paus menegaskan bahwa suara kenabian harus diajukan terhadap upaya rekonsiliasi palsu untuk membungkam atau menenangkan orang miskin, sementara yang lain menolak untuk melepaskan keistimewaan mereka (218). Untuk pembangunan masyarakat dalam perdamaian, keadilan dan persaudaraan beliau menunjukkan empat prinsip (221) : Waktu lebih besar dari ruang (222) berarti bekerja perlahan tapi pasti, tanpa terobsesi dengan hasil segera (223). Persatuan menang atas konflik (226) berarti kesatuan yang memberi hidup dan beragam (228). Kenyataan lebih penting daripada gagasan-gagasan (231) berarti menghindari mengurangi politik atau iman untuk retorika (232). Keseluruhan lebih besar daripada bagian berarti mendekatkan globalisasi dan lokalisasi (234).

Evangelisasi juga melibatkan jalan dialog, Paus melanjutkan, yang membuka Gereja untuk bekerja sama dengan semua bidang politik, sosial, agama dan budaya (238). Ekumenisme adalah jalan sangat diperlukan untuk evangelisasi. Pengayaan yang saling menguntungkan penting : kita dapat belajar banyak dari satu sama lain! Misalnya dalam dialog dengan saudara dan saudari kita dari Gereja Ortodoks, kita umat Katolik memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang arti kolegialitas episkopal dan pengalaman yang berkaitan dengan sinode mereka (246); dialog dan persahabatan dengan orang Israel adalah bagian dari kehidupan murid-murid Yesus (248); dialog antaragama, yang harus diadakan dengan jelas dan penuh sukacita dalam jati diri orang-orang, adalah kondisi yang diperlukan untuk perdamaian dalam dunia dan tidak mengaburkan evangelisasi (250-251); dalam zaman kita, hubungan kita dengan para penganut Islam telah memuat kepentingan besar (252). Paus dengan rendah hati memohon dengan sangat negara-negara dari tradisi Islam ini untuk menjamin kebebasan beragama bagi  orang-orang Kristiani, juga dalam terang kebebasan yang dinikmati para penganut Islam di negara-negara Barat! Berhadapan dengan episode fundamentalisme yang membingungkan beliau mendesak kita untuk menghindari generalisasi kebencian, karena Islam yang otentik dan pembacaan Al-Quran yang tepat menentang setiap bentuk kekerasan (253). Dan terhadap upaya untuk mempribadikan agama-agama dalam beberapa konteks, beliau menegaskan bahwa hormat kepada agnostik atau miinoritas yang tak beriman tidak boleh sewenang-wenang dikenakan dalam sebuah cara yang membungkam keyakinan mayoritas orang-orang percaya atau mengabaikan kekayaan tradisi keagamaan (255). Beliau kemudian mengulangi pentingnya dialog dan aliansi antara orang percaya dan orang yang tidak percaya (257).

Bab terakhir ini didedikasikan untuk para pelaku evangelisasi yang penuh semangat yang tanpa takut terbuka untuk karya Roh Kudus dan yang memiliki keberanian untuk memberitakan kebaruan Injil dengan berani (parrhesía) di setiap waktu dan tempat, bahkan ketika bertemu dengan perlawanan (259). Inilah para pelaku evangelisasi yang berdoa dan bekerja (262), dalam pengetahuan bahwa perutusan sekaligus penderitaan bagi Yesus dan penderitaan bagi umat-Nya (268) : Yesus menginginkan kita untuk menyentuh kesengsaraan manusia, menyentuh tubuh orang lain yang menderita (270). Beliau menjelaskan : Dalam perlakuan kita dengan dunia, kita diberitahu untuk memberikan alasan bagi pengharapan kita, tetapi bukan sebagai musuh yang mengkritik dan mengutuk (271). Hanya orang yang merasakan kebahagiaan dalam mencari kebaikan orang lain, dalam menginginkan kebahagiaan mereka, bisa menjadi seorang misionaris ( 272); jika saya dapat membantu setidaknya satu orang untuk memiliki kehidupan yang lebih baik , yang sudah membenarkan persembahan hidup saya (274). Paus mendesak kita untuk tidak berkecil hati di hadapan kegagalan atau hasil yang tidak memadai, karena keberhasilan sering kali tidak kasat mata, sulit dipahami dan tidak dapat diukur dengan angka, kita harus tahu bahwa hanya  komitmen kita yang diperlukan (279). Anjuran ini diakhiri dengan sebuah doa kepada Maria, Bunda Evangelisasi. Ada semacam ke-Maria-an bagi karya evangelisasi Gereja-gereja. Setiap kali kita memandang kepada Maria, kita datang untuk percaya sekali lagi dalam sifat revolusioner kasih dan kelembutan (288).