Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN 17 November 2013 : JANGAN TERTIPU OLEH PARA PENYELAMAT PALSU YANG MENCOBA MENGGANTI YESUS; BERDOALAH BAGI BANYAK ORANG KRISTIANI YANG DIANIAYA


Saudara dan saudari terkasih, halo!

Injil hari Minggu ini (Luk 21:5-19) tersusun dalam bagian pertama dari salah satu khotbah Yesus, tentang saat-saat terakhir. Yesus memberikannya di Yerusalem, dekat bait Allah, dan dengan tepat sekali pokok pembicaraan yang diberikan kepada-Nya oleh orang-orang yang sedang berbicara tentang keindahan bait Allah, karena bait Allah itu indah. Maka Yesus berkata : "Apa yang kamu lihat di situ -- akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan" (Luk 21:6). Tentu saja, mereka bertanya kepada-Nya : Kapan ini akan terjadi? Akan terjadi tanda-tanda apakah? Tetapi Yesus mengalihkan perhatian dari aspek-aspek sekunder ini – Kapan itu akan terjadi? Akan terjadi seperti apakah? - dan mengubahnya ke arah masalah nyata. Dan ada dua masalah. Pertama, jangan biarkan diri kalian ditipu oleh para juru selamat palsu dan jangan membiarkan diri kalian menjadi lumpuh oleh ketakutan. Kedua, hidupilah masa penantian sebagai saat kesaksian dan ketekunan. Dan kita berada saat penantian kedatangan Tuhan ini.

Khotbah Yesus ini selalu relevan, bahkan bagi kita yang hidup di abad ke-21. Ia mengulangi : "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku" ( Luk 21:8). Merupakan sebuah undangan untuk kearifan, keutamaan pemahaman Kristiani ini di mana Roh Tuhan berada dan di mana roh jahat berada. Hari ini juga, pada kenyataannya, ada "para juru selamat" palsu, yang mencoba untuk mengambil tempat Yesus : para pemimpin dunia ini, guru-guru, bahkan para tukang sihir, orang-orang yang ingin menarik pikiran dan hati, terutama orang-orang muda, untuk diri mereka sendiri. Yesus mengingatkan kita : "Jangan mengikuti mereka!". "Jangan mengikuti mereka"!

Dan Tuhan membantu kita untuk tidak takut juga : dalam menghadapi peperangan, revolusi , tetapi juga bencana alam, epidemi, Yesus membebaskan kita dari fatalisme dan visi apokaliptik palsu. Aspek kedua mengamanatkan kita dengan tepat sebagai orang-orang Kristiani dan anggota-anggota Gereja : Yesus menubuatkan pencobaan dan penganiayaan yang menyengsarakan yang harus dijalani murid-murid-Nya demi diri-Nya. Namun demikian, Ia meyakinkan mereka : "Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang(21:18). Ia mengingatkan kita bahwa kita benar-benar berada dalam tangan Allah! Kesulitan yang kita hadapi karena iman kita dan kepatuhan kita pada Injil adalah kesempatan-kesempatan untuk bersaksi; mereka tidak perlu menjauhkan kita dari Tuhan, tetapi menggerakkan kita untuk meninggalkan diri kita seluruhnya lebih banyak kepada-Nya, kepada kekuatan Roh-Nya dan kasih karunia-Nya.

Saya sedang merenungkan saat ini dan membiarkan kita semua merenung. Mari kita melakukannya bersama-sama : mari kita berpikir tentang banyak saudara dan saudari orang-orang Kristiani, yang menderita penganiayaan karena iman mereka. Ada banyak, mungkin lebih banyak daripada dalam abad-abad pertama. Yesus bersama mereka. Kita juga dipersatukan pada mereka dengan doa kita dan kasih sayang kita. Kita juga mengagumi keberanian dan kesaksian mereka. Mereka adalah saudara dan saudari kita, yang di banyak bagian dunia menderita oleh karena setia kepada Yesus Kristus. Kita salut kepada mereka dari hati kita dan dengan kasih sayang.

Pada akhirnya, Yesus membuat sebuah janji yang menjamin kemenangan : "Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu" (21:19). Berapa banyak harapan ada dalam kata-kata ini! Mereka adalah panggilan untuk pengharapan dan kesabaran, untuk mengetahui bagaimana menanti buah-buah keselamatan yang pasti, meyakini makna mendalam kehidupan dan sejarah : pencobaan-pencobaan dan kesulitan-kesulitan adalah bagian dari sebuah rancangan besar; Tuhan, Tuhan sejarah membawa segala sesuatu menuju pemenuhan. Meskipun ketidakteraturan dan bencana yang mengganggu dunia, rencana kebaikan dan kemurahan Allah akan menang! Dan ini merupakan pengharapan kita : berjalan di cara ini, di jalan ini, dalam rencana Allah yang akan menang ini. Ini adalah pengharapan kita.

Pesan Yesus ini membuat kita merenungkan saat kita sekarang dan memberi kita kekuatan untuk menghadapinya dengan keberanian dan pengharapan, dalam persekutuan Bunda Kita, yang selalu berjalan bersama kita.

[Setelah pembacaan Doa Malaikat Tuhan, Bapa Suci menyapa mereka yang hadir]
Saya menyambut Anda semua : keluarga-keluarga, lembaga-lembaga dan kelompok-kelompok, yang datang dari Roma, dari Italia dan dari setiap bagian dunia : Spanyol, Perancis, Finlandia, negara-negara berpenghasilan rendah. Secara khusus saya menyapa para peziarah dari Vercelli, Salerno, Lizzanello; Motoclub Lucania dari Potenza, kaum muda dari Montecassino dan Caserta.

Hari ini masyarakat Eritrea di Roma merayakan pesta Santo Mikael. Kita menyambut Anda dari hati kita!

Hari ini adalah "Hari Para Korban Kecelakaan Jalan". Saya menjamin Anda dengan doa saya dan mendorong Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda bagi pencegahan karena menghormati hukum adalah cara utama untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Hari ini saya juga ingin menyarankan sebuah obat untuk Anda. Tetapi seseorang mungkin berpikir : "Paus adalah seorang apoteker sekarang?" Ini adalah sebuah obat khusus yang akan menjadikan buah-buah Tahun Iman nyata. Tahun ini sedang mendekati akhir. Ini adalah sebuah obat yang mengandung 59 pil untuk hati. Ini adalah sebuah "obat rohani" yang disebut "Misericordina". Sebuah kotak kecil dengan 59 pil untuk hati. Obat dalam kotak kecil ini dan beberapa relawan akan menyerahkannya kepada Anda ketika Anda sedang meninggalkan lapangan ini. Ambillah! Ini adalah sebuah rosario yang dengannya Anda juga dapat berdoa "Kaplet Kerahiman", sebuah pertolongan rohani bagi jiwa kita dan bagi kasih, pengampunan dan persaudaraan yang menyebar di mana-mana. Jangan lupa untuk mengambilnya karena itu baik untuk Anda, oke? Baik untuk hati Anda, jiwa Anda dan seluruh hidup Anda!

Saya menawarkan Anda semua keinginan yang ramah untuk hari Minggu yang baik. Sampai jumpa dan menikmati makan siang!