Liturgical Calendar

WAWANCARA PAUS FRANSISKUS DENGAN SURAT KABAR “CORRIERE DELLA SERA” : BAPA SUCI BERBICARA TENTANG KEBIJAKAN REVOLUSIONERNYA PADA TAHUN PERTAMANYA SEBAGAI PEMIMPIN GEREJA KATOLIK



Satu tahun telah berlalu sejak "sore baik" yang sederhana itu yang menggerakan dunia. Selang 12 bulan yang sangat intens tidak mampu menahan massa besar kebaruan dan tanda-tanda inovasi pastoral yang mendalam dari Paus Fransiskus. Kami berada di sebuah ruangan kecil di kediaman Santa Martha. Satu-satunya jendela tampak ke sebuah halaman yang membuka sebuah sudut kecil langit biru. Paus muncul tiba-tiba melalui sebuah pintu, dengan wajah santai dan tersenyum. Beliau senang hati dengan berbagai perangkat rekaman yang ditempatkan jurnalis di atas meja. "Apakah perangkat itu semua bekerja? Ya? Syukurlah". Penilaian tahun ini? Tidak, beliai tidak suka penilaian. "Saya hanya melakukan sebuah penilaian setiap 15 hari, dengan bapa pengakuan saya". Berikut ini wawancara Paus Fransiskus dengan Ferruccio de Bortoli, editor kepala Surat Kabar Corriere della Sera” yang diterbitkan pada 5 Maret 2014.


Ferruccio de Bortoli : Bapa Suci setiap sekarang dan kemudian Anda menelepon orang-orang yang meminta Anda untuk membantu. Dan kadang-kadang, apakah mereka tidak percaya itu Anda?
Bapa Suci : Ya, itu terjadi pada saya. Ketika seseorang menelepon itu karena dia ingin berbicara, memiliki sebuah pertanyaan untuk diajukan, saran untuk diminta. Ketika saya seorang imam di Buenos Aires itu lebih mudah. Dan saya telah mempertahankan kebiasaan itu. Ini adalah pelayanan, dinyatakan seperti itu. Tetapi adalah benar bahwa sekarang tidak begitu mudah mempertahankan kebiasaan itu, mengingat jumlah orang yang menulis kepada saya.

Ferruccio de Bortoli : Apakah Anda ingat salah satu kontak tersebut dengan kasih sayang tertentu?
Bapa Suci: Seorang janda 80 tahun yang telah kehilangan anaknya menulis kepada saya. Dan sekarang saya memberinya sebuah panggilan sebulan sekali. Dia senang. Saya melakukan [peran seorang] imam. Saya menyukainya.

Ferruccio de Bortoli : Dalam hal hubungan Anda dengan pendahulu Anda, Benediktus XVI, apakah Anda pernah meminta saran kepadanya?
Bapa Suci : Ya, Paus Emeritus bukanlah sebuah patung museum. Merupakan sebuah kelembagaan yang tidak kita gunakan. Enam puluh atau tujuh puluh tahun yang lalu, sosok Uskup Emeritus tidak ada. Itu terjadi setelah Konsili Vatikan II dan sekarang merupakan sebuah kelembagaan. Hal yang sama harus terjadi dengan Paus Emeritus. Benediktus adalah yang pertama dan mungkin akan ada orang lain. Kita tidak tahu itu. Beliau bijaksana, rendah hati, beliau tidak mau merepotkan. Kami membicarakannya dan bersama-sama kami sampai pada kesimpulan bahwa akan lebih baik jika beliiau melihat umat, sehingga beliau keluar dan ikut serta dalam kehidupan Gereja. Sekali beliau datang ke sini pada kesempatan pemberkatan patung Santo Mikael Malaikat Agung, kemudian untuk makan siang di kediaman Santa Marta dan, setelah Natal, saya melayangkan undangan untuk ikut serta dalam Konsistori dan beliau meyanggupi. Kebijaksanaannya merupakan sebuah karunia Allah. Beberapa orang akan menyukai beliau pensiun ke sebuah biara Benediktin jauh dari Vatikan. Dan kemudian saya memikirkan kakek-nenek, yang dengan kebijaksanaan dan nasihat mereka memberikan kekuatan bagi keluarga dan tidak pantas untuk mengakhiri di sebuah rumah jompo ....

Ferruccio de Bortoli : Kami berpikir bahwa cara Anda memerintah Gereja adalah seperti ini : Anda mendengarkan setiap orang dan kemudian Anda memutuskan sendiri - agaknya seperti Bapa Jenderal Yesuit. Apakah Paus seorang laki-laki yang sendirian?
Bapa Suci : Ya dan tidak, tetapi saya mengerti apa yang ingin Anda katakan kepada saya. Paus tidak sendirian dalam karyanya karena ia didukung oleh saran banyak orang. Dan ia akan menjadi seorang laki-laki sendirian jika ia memutuskan untuk tidak mendengarkan siapa pun atau berpura-pura bahwa ia mendengarkan. Namun, ada sebuah saat ketika seseorang harus memutuskan, ketika seseorang harus menandatangani, yang di dalamnya ia tetap sendirian dengan rasa tanggung jawabnya.

Ferruccio de Bortoli : Anda telah berinovasi, mengkritik beberapa sikap klerus. Anda telah merevolusi Kuria, dengan beberapa hambatan dan perlawanan. Apakah Gereja sudah berubah seperti yang Anda inginkan setahun yang lalu?
Bapa Suci : Maret lalu saya tidak memiliki rencana untuk mengubah Gereja. Saya tidak mengharapkan, marilah menempatkan cara ini, transfer keuskupan ini. Saya mulai memerintah, mencoba untuk mempraktekkan segala sesuatu yang muncul dalam perdebatan di kalangan para Kardinal dari berbagai Kongregasi yang berbeda. Dan dalam tindakan saya, saya berharap untuk mengandalkan ilham Tuhan. Saya akan memberikan sebuah contoh : telah ada pembicaraan situasi rohani orang-orang yang bekerja di Kuria, dan kemudian mereka mulai membuat retret rohani. Lebih penting seharusnya diberikan kepada Latihan Rohani tahunan. Semua memiliki hak untuk menghabiskan lima hari dalam keheningan dan meditasi, padahal sebelumnya di Kuria mereka mendengarkan tiga homili sehari dan kemudian beberapa orang melanjutkan bekerja.

Ferruccio de Bortoli : Apakah kelembutan dan belas kasih merupakan esensi pesan pastoral Anda?
Bapa Suci : Dan tentang Injil. Mereka adalah jantung Injil. Jika tidak, orang tidak memahami Yesus Kristus, atau kelembutan Bapa yang mengutus-Nya memperdengarkan kepada kita, menyembuhkan kita, menyelamatkan kita.

Ferruccio de Bortoli : Tetapi apakah pesan ini dipahami? Anda mengatakan bahwa "Fransiskus mania" tidak akan bertahan lama. Apakah ada sesuatu dari citra publik Anda yang tidak Anda sukai?
Bapa Suci: Saya ingin berada di antara orang-orang, dengan mereka yang menderita, dan pergi ke paroki-paroki. saya tidak suka interpretasi ideologis, sebuah mitologi tertentu dari Paus Fransiskus. Ketika dikatakan, misalnya, bahwa saya keluar dari Vatikan pada malam hari untuk memberi makan pengemis di Via Ottaviano - saya bahkan tidak pernah memikirkannya. Sigmund Freud mengatakan, jika saya tidak salah, maka dalam seluruh idealisasi ada sebuah serangan. Menggambar Paus seolah-olah ia adalah semacam Superman, semacam bintang, saya menemukan serangan. Paus adalah seorang laki-laki yang tertawa, menangis, tidur dengan damai dan memiliki teman-teman seperti orang lain. Dia adalah orang biasa.

Ferruccio de Bortoli : Apakah Anda memiliki nostalgia terhadap Argentina Anda?
Bapa Suci : Yang benar adalah bahwa saya tidak memiliki nostalgia. Saya akan pergi mengunjungi adikku, yang sakit, bungsu dari kita berlima. Saya ingin melihatnya, tetapi ini tidak membenarkan sebuah perjalanan ke Argentina : menelepon, itu sudah cukup. Saya tidak berpikir saya akan pergi sebelum tahun 2016, karena saya sudah pernah ke Amerika Latin, ke Rio. Sekarang saya harus pergi ke Tanah Suci, ke Asia, dan kemudian ke Afrika.

Ferruccio de Bortoli : Anda baru saja memperbaharui paspor Argentina Anda. Anda masih seorang kepala negara.
Bapa Suci : Saya memperbaharuinya karena telah habis.

Ferruccio de Bortoli : Apakah Anda kesal karena mereka menuduh Anda sebagai seorang penganut Marxis, terutama di Amerika Serikat, setelah publikasi "Evangelii Gaudium"?
Bapa Suci : Tidak sama sekali. Saya tidak pernah berbagi ideologi Marxis karena itu palsu, tetapi saya tahu banyak orang baik yang menganut Marxisme.

Ferruccio de Bortoli : Skandal yang terganggu kehidupan Gereja untungnya sekarang di masa lalu. Pada topik tak mencolok penyalahgunaan anak di bawah umur, filsuf Besancon dan Scruton antara lain, meminta Anda untuk meningkatkan suara Anda terhadap fanatisme dan itikad buruk dunia sekuler yang sangat tidak menghormati masa kanak-kanak.
Bapa Suci : Saya ingin mengatakan dua hal. Kasus-kasus pelanggaran mengerikan karena mereka meninggalkan luka yang sangat mendalam. Benediktus XVI sangat berani dan membuka jalan. Dan, mengikuti cara itu, Gereja banyak kemajuan, mungkin lebih dari siapa pun. Statistik tentang fenomena kekerasan terhadap anak mengejutkan, tetapi mereka juga menunjukkan dengan jelas bahwa sebagian besar pelanggaran berasal dari lingkungan keluarga dan dari orang-orang yang dekat. Gereja Katolik mungkin satu-satunya lembaga publik yang bergerak dengan transparansi dan tanggung jawab. Tidak seorang lain pun melakukan sebanyak itu. Namun, Gereja adalah satu-satunya yang diserang.

Ferruccio de Bortoli : Anda mengatakan bahwa "orang miskin menginjili kita". Perhatian yang diberikan kepada kemiskinan, tanda terkuat pesan Anda, yang dikemukakan oleh beberapa pengamat sebagai sebuah pengakuan fakir miskin. Injil tidak mengutuk kekayaan. Dan Zakeus kaya dan beramal.
Bapa Suci : Injil mengutuk penyembahan kekayaan. Fakir miskin adalah salah satu interpretasi kritis. Dalam abad Pertengahan ada banyak arus fakir miskin. Santp Fransiskus [dari Asisi] memiliki kejeniusan menempatkan subjek kemiskinan dalam perjalanan penginjilan. Yesus mengatakan bahwa orang tidak dapat mengabdi kepada dua tuan, Allah dan uang. Dan ketika kita menerima hukuman pada akhir zaman (Matius, 25), kita akan ditanya tentang kedekatan kita dengan kemiskinan. Kemiskinan menjauhkan kita dari penyembahan berhala dan membuka pintu bagi Penyelenggaraan Ilahi. Zakeus memberikan setengah kekayaannya kepada orang miskin. Dan kepada mereka yang lumbungnya penuh egoisme, Tuhan, pada akhirnya, akan meminta pertanggungjawaban. Saya pikir saya mengungkapkan dengan baik pikiran saya tentang kemiskinan dalam "Evangelii Gaudium".

Ferruccio de Bortoli : Anda mengenali dalam globalisasi, terutama keuangan, beberapa kejahatan yang diderita manusia. Namun, globalisasi membawa jutaan orang keluar dari kemiskinan. Ini membawa harapan, sebuah sentimen langka yang tidak boleh dirancukan dengan optimisme.
Bapa Suci : Memang benar, globalisasi menyelamatkan banyak orang dari penderitaan, tetapi dikutuk banyak orang mati kelaparan, karena dengan sistem ekonomi tersebut menjadi pilih-pilih. Globalisasi yang dipikirkan Gereja tidak tampak seperti sebuah bola yang di dalamnya setiap titik berjarak sama dari pusat dan yang di dalamnya, oleh karena itu, kekhususan orang-orang lenyap. Sebaliknya, merupakan sebuah polihedron, dengan aspek-aspeknya yang berbeda, yang di dalamnya masing-masing negara mempertahankan budaya, bahasa, agama, jati dirinya. Kehadiran globalisasi ekonomi yang “bersifat bola”, terutama keuangan, menghasilkan satu pemikiran, sebuah pemikiran yang lemah. Dan pribadi manusia tidak lagi di pusatnya tetapi hanya uang.

Ferruccio de Bortoli : Subyek keluarga merupakan inti kegiatan Dewan Delapan Kardinal. Sejak Anjuran Yohanes Paulus II "Familiaris Consortio", banyak hal telah berubah. Kebaharuan besar diharapkan. Dan Anda mengatakan bahwa orang-orang yang bercerai tidak harus dikutuk - bahwa mereka harus dibantu.
Bapa Suci : Ini adalah jalan panjang yang harus diselesaikan Gereja, sebuah proses yang Tuhan inginkan. Tiga bulan setelah pemilihan saya, saya mengajukan tema-tema untuk Sinode, dan kami memutuskan untuk membahas apa kontribusi Yesus adalah terhadap manusia masa kini. Namun, pada akhirnya - yang bagi saya adalah sebuah tanda kehendak Allah - kami memutuskan untuk membahas keluarga, yang sedang mengalami krisis yang sangat serius. Sulit membentuk sebuah keluarga. Orang-orang muda tidak lagi menikah. Ada banyak keluarga yang terpisah, yang rencana kehidupan bersamanya gagal. Anak-anak menderita banyak. Dan kita harus memberikan sebuah jawaban. Namun, kita harus merenungkan banyak tentang hal ini, dan secara mendalam. Ini adalah apa yang sedang dilakukan Konsistori dan Sinode. Kita harus menghindari tinggal pada permukaan tema. Godaan untuk menyelesaikan setiap masalah dengan permainan kata-kata adalah sebuah kesalahan, sebuah penyederhanaan hal-hal mendalam. Ini adalah apa yang orang-orang Farisi lakukan : sebuah teologi yang sangat dangkal. Dan dalam terang permenungan yang mendalam ini sehingga situasi tertentu akan dapat ditangani secara serius, juga mengenai yang bercerai.

Ferruccio de Bortoli : Mengapa Walter Kardinal Kasper melaporkan dalam Konsistori terakhir (sebuah jurang antara doktrin tentang pernikahan dan keluarga dan kehidupan nyata banyak orang Kristiani) menghasilkan begitu banyak perpecahan di antara para Kardinal? Apakah Anda berpikir bahwa Gereja akan mampu melewati dua tahun perjalanan melelahkan untuk datang ke sebuah konsensus yang luas dan tenang?
Bapa Suci : Kardinal Kasper membuat sebuah presentasi yang indah dan mendalam, yang akan segera diterbitkan dalam bahasa Jerman, yang di dalamnya ia membahas lima poin, poin kelima adalah pernikahan kedua. Saya akan lebih khawatir jika tidak ada sebuah diskusi yang intens dalam konsistori, karena itu akan menjadi sia-sia. Para Kardinal tahu bahwa mereka bisa mengatakan apa yang mereka inginkan, dan mereka menyajikan sudut pandang yang berbeda, yang selalu memperkaya. Debat terbuka dan persaudaraan membuat pemikiran teologis dan pastoral tumbuh. Itu tidak membuat saya takut. Terlebih lagi, saya mencarinya.

Ferruccio de Bortoli : Di masa lalu, biasanya mengacu pada "nilai-nilai yang tak bisa ditawar-tawar", terutama tentang pertanyaan-pertanyaan bioetika dan moralitas seksual. Anda belum pernah menggunakan rumusan itu. Apakah pilihan itu merupakan suatu tanda sebuah gaya yang kurang mengacu hukum, yang lebih menghormati hati nurani individu?
Bapa Suci : Saya tak pernah mengerti ungkapan “nilai-nilai yang tak bisa ditawar-tawar”. Nilai-nilai adalah nilai-nilai dan itu adalah itu. Saya tidak bisa mengatakan mana jari-jari tangan yang lebih berguna daripada yang lain, jadi saya tidak mengerti dalam arti apakah mungkin ada nilai-nilai yang dapat ditawar-tawar. Apa yang harus saya katakan tentang tema kehidupan yang telah saya tulis dalam "Evangelii Gaudium".

Ferruccio de Bortoli : Banyak negara telah diatur kesatuan-kesatuan sipil. Apakah itu merupakan sebuah jalan yang bisa dimengerti Gereja? Tetapi hingga titik apa?
Bapa Suci : Pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita. Negara-negara sekuler ingin membenarkan kesatuan-kesatuan sipil mengatur situasi-situasi hidup berdampingan yang berbeda, didorong oleh kebutuhan mengatur aspek ekonomi di antara pribadi-pribadi seperti, misalnya, untuk memastikan perawatan kesehatan. Setiap kasus harus dilihat dan dievaluasi dalam keragamannya.

Ferruccio de Bortoli : Akan bagaimanakah peran perempuan digalakkan di dalam Gereja?
Bapa Suci : Permainan kata-kata juga tidak membantu dalam hal ini. Memang benar bahwa wanita dapat dan harus lebih hadir dalam jabatan-jabatan pengambilan keputusan Gereja. Tetapi saya akan menyebut hal ini sebuah promosi sebuah jenis fungsional. Dan dengan itu saja, orang tidak banyak maju. Sebaliknya, kita harus berpikir bahwa Gereja memiliki artikel feminin, "la": itu asalnya feminin. Teolog Urs von Balthasar mengerjakan banyak tentang tema ini : dasar ke-Maria-an membimbing Gereja dengan tangan dasar ke-Petrus-an. Perawan Maria lebih penting daripada uskup manapun dan para Rasul manapun. Permenungan teologis sudah berlangsung. [Stanislaw] Kardinal Rylko [presiden Dewan Kepausan untuk Awam], bersama-sama dengan Dewan Awam, sedang bekerja ke arah ini dengan banyak wanita ahli.

Ferruccio de Bortoli : Setengah abad setelah ensiklik Paulus VI "Humanae Vitae", bisakah Gereja mengambil kembali tema pengendalian kelahiran? Konfrater Anda, [Carlo Maria] Kardinal Martini [Uskup Agung Milan terdahulu] mempercayainya saat sekarang.
Bapa Suci : Itu semua tergantung pada bagaimana teks "Humanae Vitae" ditafsirkan. Paulus VI sendiri, menjelang akhir hayatnya, menganjurkan kepada para bapa pengakuan banyak belas kasih dan perhatian terhadap situasi-situasi nyata. Tetapi kejeniusannya adalah kenabian, karena ia memiliki keberanian melawan mayoritas, mempertahankan disiplin moral, menerapkan sebuah rem budaya, menentang neo-Malthus sekarang dan kelak. Tujuannya adalah bukan mengubah doktrin, tetapi sebuah perkara pergi ke dalam masalah secara mendalam dan memastikan bahwa pelayanan pastoral memperhitungkan situasi setiap orang dan apa yang dapat orang lakukan. Hal ini juga akan dibahas pada jalan menuju Sinode.

Ferruccio de Bortoli : Ilmu pengetahuan berkembang dan menarik kembali akhir kehidupan. Apakah masuk akal memperpanjang hidup dalam keadaan vegetatif?
Bapa Suci : Saya bukan ahli mengenai argumen-argumen bioetika, dan saya takut menjadi keliru dalam kata-kata saya. Doktrin tradisional Gereja menyatakan bahwa tidak ada orang pun yang diwajibkan untuk menggunakan metode yang luar biasa ketika seseorang berada dalam tahap terakhirnya. Secara pastoral, dalam kasus ini saya selalu menyarankan perawatan yang meringankan. Pada kasus yang lebih spesifik, seharusnya itu perlu,  dengan pantas mencari saran para ahli.

Ferruccio de Bortoli : Apakah perjalanan Anda ke Tanah Suci mengarah pada sebuah kesepakatan antarpersekutuan dengan Gereja Ortodoks yang hampir ditandatangani oleh Paus Paulus VI, lima puluh tahun yang lalu, dengan [Patriark] Athenagoras?
Bapa Suci : Kita semua tidak sabar tentang mencapai hasil-hasil "yang dimeteraikan". Tetapi jalan kesatuan dengan Gereja Ortodoks berarti terutama berjalan dan bekerja bersama-sama. Di Buenos Aires, beberapa Gereja Ortodoks datang ke kursus-kursus katekese. Saya biasanya menghabiskan Natal dan 6 Januari bersama-sama dengan uskup mereka, yang kadang-kadang bahkan meminta nasihat kantor-kantor keuskupan kami. Saya tidak tahu apakah cerita itu benar bahwa Athenagoras mengatakan kepada Paus Paulus VI bahwa ia mengusulkan agar mereka berjalan bersama-sama dan mengutus semua teolog ke sebuah pulau untuk berdiskusi di antara mereka. Ini sebuah lelucon, tetapi penting bahwa kita berjalan bersama-sama. Teologi Gereja Ortodoks sangat kaya. Dan saya percaya bahwa mereka memiliki, pada saat ini, para teolog besar. Visi mereka tentang Gereja dan kolegialitas luar biasa.

Ferruccio de Bortoli : Dalam beberapa tahun ke depan kekuatan terbesar dunia adalah Cina yang dengannya Vatikan yang tidak memiliki hubungan. Matteo Ricci adalah seorang Yesuit seperti Anda.
Bapa Suci : Kami dekat dengan Cina. Saya mengirim sebuah surat kepada Presiden Xi Jinping ketika ia terpilih, tiga hari setelah saya. Dan ia menjawab saya. Hubungan-hubungan ada. Mereka adalah sebuah rakyat hebat yang saya kasihi.

Ferruccio de Bortoli : Mengapa, Bapa Suci, Anda tidak pernah berbicara tentang Eropa? Apakah tentang rancangan Eropa tidak meyakinkan Anda?
Bapa Suci : Apakah Anda ingat saat ketika saya berbicara tentang Asia? Apa yang saya katakan? (Di sini pewawancara berusaha memberikan beberapa penjelasan, mengumpulkan kenangan samar-samar hanya untuk menyadari bahwa ia telah jatuh kepada sebuah trik yang bagus). Saya tidak berbicara tentang Asia, atau Afrika, atau Eropa. Hanya sekitar Amerika Latin ketika saya masih di Brasil, dan ketika saya harus menerima Komisi untuk Amerika Latin. Di sana belum ada kesempatan untuk berbicara tentang Eropa. Kesempatan itu akan datang.

Ferruccio de Bortoli : Buku apa yang sedang Anda baca hari ini?
Bapa Suci : 'Petrus dan Magdalena' karya Damiano Marzotto tentang segi perempuan dari Gereja. Sebuah buku yang indah.

Ferruccio de Bortoli : Dan Anda tidak dapat melihat film bagus manapun, selain kesukaan-kesukaan Anda? "La Grande Bellezza" memenangkan sebuah Oscar. Apakah Anda melihatnya?
Bapa Suci : Saya tidak tahu. Film terakhir yang saya lihat adalah karya Benigni 'Life is Beautiful'. Dan sebelumnya saya telah melihat karya Fellini 'La Strada'. Sebuah mahakarya. Saya juga suka Wajda ...

Ferruccio de Bortoli : Santo Fransiskus memiliki masa muda riang. Saya bertanya kepada Anda : apakah Anda pernah jatuh cinta?
Bapa Suci : Dalam buku “Sang Yesuit”, saya menceritakan bahwa saya punya seorang pacar pada usia 17 tahun. Dan saya menyebutkannya juga pada “Surga dan Bumi”, buku yang saya tulis bersama Abraham Skorka. Di seminari, seorang gadis membuat kepala saya pusing selama seminggu.

Ferruccio de Bortoli : Dan jika Anda tidak keberatan saya bertanya, bagaimana hal itu berakhir?
Bapa Suci : Mereka adalah hal-hal masa muda. Saya berbicara dengan bapa pengakuan saya tentang hal itu [sebuah senyuman lebar].

Ferruccio de Bortoli : Terima kasih Bapa Suci.
Bapa Suci : Terima kasih.