Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN 16 Maret 2014 : TENTANG TRANSFIGURASI



Saudara dan saudari terkasih, halo!
Hari ini Injil menyajikan peristiwa Transfigurasi. Ini adalah tahap kedua dalam perjalanan Prapaskah. Yang pertama adalah godaan di padang gurun, hari Minggu lalu; yang kedua adalah Transfigurasi. Yesus "membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes terpisah dari-Nya ke gunung" (Mat 17:1). Dalam Alkitab gunung merupakan tempat kedekatan pada Allah dan tempat perjumpaan intim dengan Dia; tempat doa di mana Anda berada dalam hadirat Tuhan. Sampai di gunung Yesus menampakkan diri-Nya kepada tiga murid berubah rupa; Ia bercahaya, indah; dan kemudian Musa dan Elia muncul dan bercakap-cakap dengan Dia. Wajahnya begitu berseri-seri dan pakaiannya begitu terang sehingga Petrus sangat terpesona, sehingga ia ingin tinggal di sana, ia ingin hampir tak berdaya saat itu. Segera suara Bapa berbicara dari atas, menyatakan Yesus sebagai Putra-Nya yang terkasih, mengatakan: "Dengarkanlah Dia" (17:5). Kata-kata ini penting! Bapa kita berkata kepada para rasul ini dan kepada kita juga : "Dengarkanlah Yesus, karena Ia adalah Putra-Ku yang terkasihi". Mari kita menjaga kata-kata ini dalam pikiran dan hati kita minggu ini : "Dengarkanlah Yesus!" Dan bukan Paus yang mengatakan ini, Allah Bapalah yang mengatakan ini : kepada saya, kepada Anda, kepada semua orang, semua orang! Merupakan sejenis bantuan untuk maju di jalan Prapaskah. "Dengarkanlah Yesus!" Jangan lupa.

Undangan Bapa ini sangat penting. Kita, murid-murid Yesus, yang dipanggil menjadi umat yang mendengarkan suara-Nya dan menyimpan kata-kata-Nya dengan serius. Untuk mendengarkan Yesus, perlulah menjadi dekat dengan-Nya, mengikuti-Nya, seperti yang dilakukan orang banyak dalam Injil yang menyusuri jalan-jalan Palestina. Yesus tidak memiliki suatu pos instruksi atau mimbar yang tetap, tetapi seorang guru keliling, yang mengemukakan ajaran-ajaran-Nya sepanjang jalan, ajaran-ajaran yang diberikan kepada-Nya oleh Bapa, melakukan perjalanan yang tidak selalu dapat diduga dan kadang-kadang tidak sangat mudah. Mengikuti Yesus untuk mendengarkan-Nya. Tetapi mari kita juga mendengarkan Yesus dalam sabda-Nya yang tertulis, dalam Injil. Saya mengajukan sebuah pertanyaan: Apakah Anda membaca suatu perikop Injil setiap hari? Ya, tidak ... ya, tidak ... Setengah setengah ... Beberapa mengatakan ya, beberapa mengatakan tidak. Tetapi apakah itu penting! Apakah Anda membaca Injil? Adalah sebuah hal yang baik, adalah sebuah hal yang baik memiliki sebuah buku Injil kecil, kecil, dan membawanya bersama kita, dalam saku kita, dalam tas kita, membaca sedikit perikop daripadanya setiap saat sepanjang hari. Setiap saat sepanjang hari saya mengambil Injil dari saku saya dan membaca sesuatu, sebuah bagian singkat. Ada Yesus yang berbicara kepada kita, dalam Injil! Pikirkanlah tentang hal ini. Ini tidak sulit, juga tidak perlu empat Injil semuanya. Salah satu Injil, sangat ringan, bersama kita. Kita harus selalu membawa Injil bersama kita, karena itu adalah sabda Yesus, mendengarkannya.

Saya ingin menarik 2 unsur penting dari kisah Transfigurasi ini yang saya rangkum dalam 2 kata : mendaki dan menuruni. Kita harus pergi terpisah dengan diri kita, naik gunung dalam suatu ruang keheningan, menemukan diri kita dan dengan lebih baik merasakan suara Tuhan. Kita melakukan hal ini dalam doa. Tetapi kita tidak bisa tinggal di sana! Perjumpaan dengan Allah dalam doa menggerakkan kita kembali "turun dari gunung" dan kembali di bawah, ke dataran, di mana kita bertemu banyak saudara dan saudari yang dibebani oleh kerja keras, penyakit, ketidakadilan, kebodohan, kemiskinan material dan spiritual. Kita dipanggil untuk membawa kepada saudara-saudara yang sedang mengalami kesukaran-kesukaran buah-buah pengalaman kita dengan Allah, berbagi kasih karunia yang telah kita terima. Dan ini sukar dimengerti. Ketika kita mendengarkan Sabda Yesus, kita mendengarkan sabda Yesus dan memilikinya di dalam hati kita sehingga Sabda tumbuh. Dan apakah Anda tahu bagaimana itu tumbuh? Dengan memberikannya kepada orang lain juga! Sabda Yesus dalam diri kita tumbuh ketika kita memberitakannya, ketika kita memberikannya kepada orang lain! Dan ini adalah kehidupan Kristiani. Ini adalah sebuah perutusan bagi seluruh Gereja, bagi semua orang yang dibaptis, bagi kita semua: mendengarkan Yesus dan menawarkan-Nya kepada orang lain. Jangan lupa: minggu ini, dengarkanlah Yesus! Dan pikirkanlah hal tentang Injil ini. Apakah Anda akan melakukannya? Apakah Anda akan melakukan hal ini? Kemudian Minggu depan Anda akan menceritakan kepada saya apakah Anda telah melakukan hal ini : memiliki sebuah Injil kecil dalam saku atau tas Anda untuk membaca sebuah bagian kecil sepanjang hari.

Dan sekarang mari kita beralih kepada Bunda kita Maria, dan mempercayakan diri kita kepada bimbingannya untuk membuat perjalanan Prapaskah ini dengan iman dan kemurahan hati, belajar sedikit lebih "naik" dengan doa dan mendengarkan Yesus dan "turun" dengan kasih persaudaraan, memberitakan Yesus.

[Setelah pendarasan Doa Malaikat Tuhan, Bapa Suci berbicara lagi kepada orang-orang yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus]

Saudara
dan saudari,

Saya menyambut Anda semua, umat Roma dan para peziarah yang terkasih!

Saya menyambut para peziarah dari Valencia, Spanyol, dan kelompok-kelompok dari Mannheim, Jerman dan Skara, Swedia.

Saya menyapa dan berterima kasih kepada band dan kelompok nyanyi dari Piedmont, Liguria, Emilia dan Tuscany, bersama dengan para pemimpin sipil.

Saya menyambut Komunitas Paus Yohanes XXIII, yang didirikan oleh Don Oreste Benzi, yang akan menempuh "Via Crucis" khusus sepanjang jalan-jalan di pusat Roma bagi perempuan yang menjadi korban perdagangan manusia. Anda hebat!

Saya mengajak Anda untuk mengingat dalam doa para penumpang dan awak pesawat penerbangan Malaysia dan keluarga mereka. Kita dekat dengan mereka dalam saat sulit ini.

Saya menyambut kelompok-kelompok paroki, terutama umat beriman dari Giave, Liedolo, San Prospero, Sorrento, Codogno dan Nostra Signora di Czestochowa di Roma, dan Para Suster Fransiskan Kecil Hati Kudus.

Saya memberi hormat banyak sekolah dari berbagai bagian Italia dan negara-negara lain - saya tidak bisa menyebutkan nama Anda semua! - Tetapi saya akan menyebutkan sekolah Katolik "Mar Qardakh" dari Erbil di Kurdistan. Mari kita ingat sekolah ini bersama-sama. Jauh, tetapi mari kita mengingatnya dengan hati kita bersama dengan sekolah dari Keuskupan London di Ontario, Kanada.

Saya menyambut orang-orang muda dari Societa di San Vincenzo De Paoli, Rotary Club dari Massafra-Mottola, orang-orang muda dari Calcio dan None, anak-anak dari Soliera dan San Felice sul Panaro.

Saya berharap semua orang hari Minggu yang baik dan makan siang yang baik. Sampai jumpa!