Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN 15 Juni 2014 : TENTANG TRITUNGGAL MAHAKUDUS



Saudara dan saudari terkasih, halo!
Hari ini kita merayakan Hari Raya Tritunggal Mahakudus, yang menyajikan untuk kontemplasi dan adorasi kita kehidupan ilahi Bapa, Putra dan Roh Kudus : sebuah kehidupan persekutuan dan kasih yang sempurna, asal dan tujuan seluruh alam semesta dan setiap makhluk, Allah . Dalam Tritunggal kita juga mengenali sebuah model Gereja yang di dalamnya kita dipanggil untuk saling mengasihi sebagaimana Yesus mengasihi kita. Kasih adalah tanda nyata yang mengejawantahkan iman kepada Allah : Bapa, Putra dan Roh Kudus. Kasih adalah khas orang Kristiani, sebagaimana dikatakan Yesus kepada kita : "Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku" (Yoh 13:35). Merupakan sebuah kontradiksi memikirkan orang-orang Kristiani yang membenci. Merupakan sebuah kontradiksi! Dan setan selalu berusaha membuat kita benci karena ia selalu sedang menabur perbantahan kebencian; ia tidak mengenal kasih, Allah adalah kasih!

Kita semua dipanggil untuk menjadi saksi dan memberitakan pesan bahwa "Allah adalah kasih", bahwa Allah tidak jauh dan tidak peduli dengan urusan-urusan manusiawi kita. Ia dekat, Ia selalu berada di pihak kita, Ia melakukan perjalanan bersama kita untuk bersama-sama mendiami sukacita dan kesedihan kita, harapan kami dan kerja keras kita. Ia sangat mengasihi kita dan hingga suatu titik tertentu sehingga Ia menjadi manusia, Ia datang ke dunia bukan untuk menghakimi tetapi supaya dunia bisa diselamatkan melalui Yesus (bdk. Yoh 3:16). Inilah kasih Allah dalam Yesus, kasih ini yang begitu sulit dipahami tetapi kita rasakan ketika kita mendekat kepada Yesus. Dan Ia selalu mengampuni kita, Ia selalu menanti kita, Ia sangat mengasihi kita. Dan kasih Yesus yang kita rasakan adalah kasih Allah.

Roh Kudus, karunia Yesus yang bangkit, mengkomunikasikan kehidupan ilahi kepada kita dan dengan demikian Ia menarik kita ke dalam dinamika Tritunggal, yang merupakan sebuah dinamika kasih, persekutuan, saling melayani, berbagi. Seseorang yang mengasihi orang lain karena sukacita mengasihi itu sendiri adalah sebuah cerminan Tritunggal. Sebuah paroki yang di dalamnya umat menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain serta hal-hal rohani dan jasmani yang dibagikan adalah sebuah cerminan Tritunggal.

Kasih sejati adalah tanpa batas tetapi ia tahu bagaimana membatasi dirinya menjumpai orang lain, menghormati kebebasan orang lain. Kita pergi ke Misa setiap hari Minggu dan merayakan Ekaristi bersama dan Ekaristi adalah seperti "semak terbakar" yang di dalamnya Tritunggal dengan rendah hati berdiam dan mengkomunikasikan dirinya; oleh karena ini Gereja menempatkan Pesta "Corpus Domini" setelah Pesta Tritunggal. Kamis, mengikuti tradisi Romawi, kita merayakan Misa Kudus di Basilika Santo Yohanes Lateran dan kemudian kita akan melakukan prosesi dengan Sakramen Mahakudus. Saya mengundang umat Roma dan para peziarah untuk ikut serta mengungkapkan keinginan kita untuk menjadi sebuah umat "yang berkumpul dalam kesatuan Bapa dan Putra dan Roh Kudus" (Santo Siprianus). Saya mengharapkan Anda semua pada hari Kamis pukul 7 malam untuk Misa dan prosesi "Corpus Christi".

Semoga Perawan Maria, makhluk sempurna dari Sang Tritunggal membantu kita untuk membuat seluruh hidup kita, dalam gerakan-gerakan kecil dan pilihan-pilihan yang paling penting, sebuah madah pujian bagi Allah, yang adalah Kasih.

[Setelah pembacaan doa Malaikat Tuhan, Bapa Suci memberikan wejangan lagi kepada orang-orang yang berkumpul di lapangan di depan Basilika Santo Petrus]

Saudara dan saudari terkasih,
Saya telah mengikuti dengan keprihatinan besar peristiwa-peristiwa beberapa hari terakhir di Irak. Saya mengundang Anda semua untuk bergabung dalam doa saya bagi bangsa Irak yang terkasih, terutama bagi para korban dan mereka yang secara menyedihkan menderita kekerasan yang bertumbuh, terutama bagi banyak orang - di antaranya ada banyak orang Kristiani - yang telah meninggalkan tempat tinggal mereka. Saya ingin melihat keamanan dan kedamaian bagi seluruh negeri dan sebuah masa depan rekonsiliasi dan keadilan yang di dalamnya semua orang Irak, terlepas dari pertalian agama mereka, dapat membangun tanah air mereka bersama-sama, membuatnya menjadi sebuah model hidup berdampingan. Mari kita bersama-sama berdoa kepada Bunda Maria untuk rakyat Irak.

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilan buah tubuhmu Yesus. Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.

Hari ini saya ingin mengumumkan bahwa, menerima undangan dari para uskup dan otoritas sipil Albania, saya berniat untuk melakukan perjalanan ke Tirana pada hari Minggu, 21 September 2014. Dengan perjalanan singkat ini saya ingin meneguhkan Gereja di Albania dan menunjukkan dorongan dan kasih saya terhadap sebuah negara yang telah lama menderita karena ideologi-ideologi masa lalu.

Dan sekarang saya menyambut Anda semua, para peziarah terkasih, yang hadir di sini hari ini : banyak kelompok paroki, keluarga dan lembaga. Secara khusus saya menyambut para anggota militer dari Kolombia, umat dari Taiwan dan Hong Kong, dari Avila dan La Rioja di Spanyol, dari Venado Tuerto di Argentina, dari Cagliari, Albino, Vignola, Lucca dan Battipaglia di Italia.

Saya menyambut gerakan "Pro Sanctitate" pada peringatan 100 tahun kelahiran pendirinya, Pelayan Allah Guglielmo Giaquinta. Teman-teman terkasih, saya mendorong Anda untuk maju dalam kerasulan kekudusan. Saya menyambut orang-orang muda dari Casaleone, yang menerima Sakramen Penguatan, dan para anggota Gruppo IDI Sanità Roma.
 
Sebuah pemikiran khusus
berangkat hari ini kepada para pekerja pembantu rumah tangga dan para perawat, yang datang dari berbagai belahan dunia dan menunjukkan sebuah pelayanan yang berharga dalam keluarga-keluarga, terutama di kalangan orang tua dan orang-orang yang tidak bisa mengurus diri mereka sendiri. Seringkali kita tidak persis mengetahui karya besar dan luar biasa yang mereka lakukan untuk keluarga-keluarga. Terima kasih banyak!
 
Dan saya
mengharapkan semua orang hari Minggu yang baik dan makan siang yang baik. Dan jangan lupa untuk mendoakan saya. Sampai jumpa!