Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN 5 Oktober 2014 : KELUARGA AKAN BERJALAN BAIK DENGAN KEPERCAYAAN DAN HARAPAN JIKA IA DIPELIHARA OLEH SABDA ALLAH



Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi.
Pagi ini, kita membuka Sidang Umum Luar Biasa Sinode para Uskup dengan perayaan Ekaristi di Basilika Santo Petrus. Bersama dengan saya, para Bapa Sinode, yang datang dari seluruh dunia, akan menjalani dua minggu mendengarkan dan diskusi yang intens, yang dijadikan berbuah dengan doa, tentang tema "Tantangan-tantangan Pastoral pada Keluarga dalam Konteks Evangelisasi".


Hari ini, Sabda Allah menyajikan gambaran anggur sebagai lambang orang-orang yang telah dipilih Tuhan. Seperti sebuah pohon anggur, orang-orang membutuhkan begitu banyak pemeliharaan; mereka memerlukan kasih yang sabar dan setia. Dengan cara ini, Allah bekerja bersama kita, dan dengan cara yang sama, kita para gembala dipanggil untuk melakukan hal yang sama. Pemeliharaan keluarga juga merupakan sebuah cara kerja dalam kebun anggur Tuhan, agar ia akan menghasilkan buah Kerajaan Allah (bdk. Matius 21:33-43).

Namun, bagi keluarga untuk dapat berjalan dengan baik, dengan kepercayaan dan harapan, ia harus dipelihara oleh Sabda Allah. Oleh karena itu, merupakan suatu kebetulan yang membahagiakan bahwa pada kenyataannya hari ini saudara-saudara Pauline kita ingin melakukan distribusi besar Alkitab, di sini di lapangan Santo Petrus, dan di banyak tempat lain. Marilah kita berterima kasih kepada saudara-saudara Pauline kita! Mereka melakukannya bertepatan 1 abad pendirian mereka oleh Beato Giacomo Alberione, rasul besar komunikasi. Jadi hari ini, sementara Sinode tentang Keluarga dibuka, kita dapat mengatakan dengan bantuan para Pauline : sebuah Alkitab dalam setiap keluarga! Sebuah Alkitab dalam setiap keluarga! [...] Kita memiliki satu atau dua tetapi mereka tidak boleh disembunyikan, tidak ditempatkan di rak, tetapi mengambilnya dan membawanya di tangan kita, sering membacanya, setiap hari, baik itu secara pribadi ataupun bersama-sama, suami dan istri, para orang tua dan anak-anak, mungkin di malam hari, terutama pada hari Minggu. Dengan demikian, keluarga tumbuh, berjalan, dengan terang dan kekuatan Sabda Allah! [...]

Saya mengundang semua orang untuk mendukung karya-karya Sinode dengan doa, memohon perantaraan keibuan Perawan Maria. Pada saat ini, kita mengaitkan diri kita secara rohani dengan semua orang di Tempat Kudus Pompey, menaikkan "permohonan" tradisional kepada Bunda kita dari Rosario. Semoga ia mendapatkan kedamaian bagi keluarga-keluarga dan bagi seluruh dunia!

Angelus Domini nuntiávit Maríæ. Et concépit de Spíritu Sancto.

Ave Maria, gratia plena, Dominus tecum. Benedicta tu in mulieribus, et benedictus fructus entris tui, Jesus.Sancta Maria, Mater Dei, ora pro nobis peccatoribus, nunc et in hora mortis nostrae. Amen.
Ecce ancílla Dómini. Fiat mihi secúndum verbum tuum.

Ave Maria, gratia plena, Dominus tecum. Benedicta tu in mulieribus, et benedictus fructus entris tui, Jesus.Sancta Maria, Mater Dei, ora pro nobis peccatoribus, nunc et in hora mortis nostrae. Amen.

Et Verbum caro factum est. Et habitávit in nobis.

Ave Maria, gratia plena, Dominus tecum. Benedicta tu in mulieribus, et benedictus fructus entris tui, Jesus.Sancta Maria, Mater Dei, ora pro nobis peccatoribus, nunc et in hora mortis nostrae. Amen.

Ora pro nobis, sancta Dei génetrix. Ut digni efficiámur promissiónibus Christi.

Orémus.

Grátiam tuam, quæsumus, Dómine, méntibus nostris infúnde; ut qui, Ángelo nuntiánte, Christi Fílii tui incarnatiónem cognóvimus, per passiónem eius et crucem, ad resurrectiónis glóriam perducámur. Per eúndem Christum Dóminum nostrum. Amen.
***

Setelah pendarasan Doa Malaikat Tuhan:
Saudara dan saudari terkasih,
Kemarin, Suster Maria Teresa Demjanovich, dari Suster-suster Amal Kasih dari Santa Elisabet, dinyatakan sebagai Beata di Amerika Serikat. Kita bersyukur kepada Allah atas murid setia Kristus ini, yang memimpin kehidupan rohani yang intens.
 
Di Italia hari ini dirayakan Hari Meruntuhkan Halangan-halangan Arsitektur. Saya mendorong semua orang yang melakukan yang terbaik untuk menjamin kesempatan hidup yang sama bagi semua, terlepas dari kondisi fisik masing-masing pribadi. Saya berharap bahwa lembaga-lembaga dan para warga negara secara pribadi akan semakin memperhatikan tujuan sosial yang penting ini.

Dan sekarang saya menyambut Anda semua dengan hormat, umat Roma dan para peziarah dari Italia dan dari berbagai negara. Secara khusus, saya menyambut para siswa yang telah datang dari Australia dan orang-orang dari Gedung Olahraga Santo Bonaventura, Dilligen, Jerman, orang-orang muda dari Yordania, Lembaga Santo Yohanes dari Matha dan umat Paroki Santo Paulus di Bergamo.

Saya menyambut para peziarah yang datang bersepeda dari Milan dalam peringatan Santa Gianna Beretta Molla, bunda yang saleh dari sebuah keluarga, saksi Injil kehidupan, dan saya mendorong mereka untuk melanjutkan prakarsa kesetiakawanan mereka dalam mendukung orang-orang yang paling rentan.

Tolong, jangan lupa untuk berdoa bagi sinode [...]
Selamat hari Minggu dan selamat makan siang. Tolong, jangan lupa berdoa untuk saya. Sampai jumpa!