Liturgical Calendar

KHOTBAH PASTOR RANIERO CANTALAMESSA, OFM.CAP, PENGKHOTBAH RUMAHTANGGA KEPAUSAN, PADA IBADAT JUMAT AGUNG DI BASILIKA SANTO PETRUS, VATIKAN 3 April 2015 : "ECCE HOMO! (LIHATLAH MANUSIA ITU!)"; KITA SEMUA, LEMBAGA-LEMBAGA KITA BERESIKO MENJADI SEPERTI PILATUS, MENCUCI TANGAN KITA

Kita baru saja mendengar kisah pengadilan Yesus di hadapan Pilatus. Ada satu titik tertentu di dalam kisah itu di mana kita perlu berhenti sejenak.

Lalu Pilatus mengambil Yesus dan menyuruh orang menyesah Dia. Prajurit-prajurit menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Mereka memakaikan Dia jubah ungu, dan sambil maju ke depan mereka berkata: "Salam, hai raja orang Yahudi!" Lalu mereka menampar muka-Nya .... Lalu Yesus keluar, bermahkota duri dan berjubah ungu. Maka kata Pilatus kepada mereka: "Lihatlah Manusia itu!  [Ecce Homo!]" (Yoh 19:1-3,5).

Di antara lukisan-lukisan yang tak terhitung banyaknya yang memiliki Ecce Homo sebagai subjek mereka, ada satu yang selalu membuat saya terkesan. Lukisan dari pelukis Flemish abad keenam belas, Jan Mostaert. Izinkan saya mencoba untuk menggambarkannya. Ini akan membantu membekaskan dengan lebih baik episode tersebut dalam pikiran kita, karena sang seniman hanya menuangkan dengan setia dalam lukisan fakta-fakta kisah Injil, terutama Injil Markus (lihat Mrk 15:16-20).

Yesus memiliki mahkota duri di kepala-Nya. Serangkaian ranting berduri yang ditemukan di halaman, mungkin untuk menyalakan api, dianyam para serdadu sebuah kesempatan untuk olok-olok kedudukan raja-Nya ini. Tetesan-tetesan darah turun ke wajah-Nya. Mulut-Nya setengah terbuka, seperti orang yang sedang mengalami kesulitan bernapas. Di pundak-Nya ada beban dan mantel usang, lebih mirip dengan lapisan tipis ketimbang kain. Pundak-Nya memiliki luka-luka pukulan-pukulan terakhir selama pencambukan-Nya. Pergelangan tangan-Nya terikat bersama-sama oleh sebuah tali kasar yang mengitari sebanyak dua kali. Mereka telah menempatkan sebuah buluh di salah satu tangan-Nya bagaikan semacam tongkat serta seikat ranting pada tangan lainnya, lambang mengejek kedudukan raja-Nya. Yesus tidak bisa menggerakkan bahkan sebuah jari pun; ini adalah seorang manusia yang diturunkan hingga sepenuhnya tidak berdaya, bentuk dasar dari semua orang dalam sejarah dengan tangan mereka yang terikat.

Merenungkan sengsara tersebut, filsuf Blaise Pascal menulis kata-kata ini suatu hari : "Kristus akan kesakitan sampai akhir dunia; kita seharusnya tidak tidur selama waktu ini".[1] Ada rasa yang di dalamnya kata-kata ini berlaku bagi pribadi Kristus sendiri, yaitu, bagi kepala tubuh mistik, dan tidak hanya bagi para anggotanya. Meskipun tidak bangkit dan hidup sekarang tetapi justru karena Ia telah bangkit dan hidup. Tetapi marilah kita kesampingkan makna yang terlalu mengandung teka-teki ini dan malahan berbicara tentang makna paling jelas dari kata-kata ini. Yesus berada dalam kesakitan sampai akhir dunia dalam setiap pria atau wanita yang mengalami siksaan yang sama dengan-Nya. "Kamu telah melakukannya untuk Aku!" (Mat 25:40). Ia mengatakan kata-kata ini tidak hanya tentang orang-orang yang percaya kepada-Nya; Ia juga mengatakannya tentang setiap pria atau wanita yang lapar, telanjang, teraniaya, atau dipenjara.

Untuk sekali janganlah kita berpikir tentang kejahatan sosial bersama : kelaparan, kemiskinan, ketidakadilan, eksploitasi orang lemah. Kejahatan-kejahatan ini berbicara tentang sering (bahkan jika itu tidak pernah cukup), tetapi ada resiko bahwa mereka menjadi pemisahan-pemisahan - kelompok-kelompok ketimbang pribadi-pribadi. Mari kita memikirkan bukan penderitaan perorangan, orang-orang dengan nama dan jatidiri tertentu; memikirkan siksaan-siksaan yang diputuskan dengan darah dingin dan secara sukarela ditimbulkan pada saat ini oleh manusia pada manusia lain, bahkan pada bayi-bayi.

Berapa banyak contoh dari "Ecce homo" ("Lihatlah manusia itu!") ada di dunia! Berapa banyak tahanan yang menemukan diri mereka dalam situasi yang sama seperti Yesus dalam praetorium Pilatus: sendirian, tangan diborgol, disiksa, pada belas kasihan dari para serdadu yang bengis penuh kebencian yang terlibat dalam setiap jenis kekejaman fisik dan psikologis serta yang menikmati menonton orang-orang menderita. "Kita seharusnya tidak tidur; kita seharusnya tidak meninggalkan mereka sendirian!"

Seruan "Ecce homo!" tidak hanya berlaku untuk para korban tetapi juga untuk para penyiksa. Artinya, "Mampulah melihatlah orang ini!" Dengan rasa takut dan gentar, mari kita juga mengatakan, "Kita mampu melihat orang ini!" Alangkah jauh di depan kita pawai yang tak terhentikan, dari homo sapiens sapiens (manusia modern yang tercerahkan), dari orang semacam itu yang menurut seseorang, harus dilahirkan dari kematian Tuhan dan menggantikan-Nya![2]

*  *  *

Orang-orang Kristiani tentu saja bukan satu-satunya korban kekerasan yang mematikan dunia, tetapi kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa di banyak negara mereka adalah para korban yang paling sering dimaksudkan. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya suatu hari, "Akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah" (Yoh 16: 2). Mungkin jangan pernah memiliki kata-kata ini menemukan pemenuhan persis seperti yang mereka lakukan hari ini.

Seorang uskup abad ketiga, Dionisius dari Alexandria, telah meninggalkan kita sebuah kesaksian Paskah yang dirayakan oleh umat Kristen selama penganiayaan bengis oleh kaisar Romawi Desius :

Pertama kami ditetapkan dan dikelilingi oleh para penganiaya dan para pembunuh, namun bahkan kemudian kami adalah orang-orang satu-satunya untuk memelihara suasana pesta. Setiap tempat di mana kami diserang menjadi bagi kami sebuah tempat untuk perayaan apakah lapangan, gurun, kapal, penginapan, atau penjara. Suasana pesta yang paling cemerlang dari semuanya dipelihara oleh para martir yang menunaikan, yang berpesta di surga.[3]

Ini akan menjadi cara Paskah bagi banyak orang Kristiani tahun ini, 2015 tahun setelah Kristus.

Ada seseorang yang, dalam tekanan sekuler, memiliki keberanian untuk mengecam ketidakpedulian yang mencemaskan dari lembaga-lembaga dunia dan opini publik dalam menghadapi semua pembunuhan orang-orang Kristiani ini, mengingat apa yang kadang-kadang dibawa ketidakpedulian tersebut di masa lalu.[4] Kita semua dan semua lembaga kita di Barat beresiko menjadi Pilatus-pilatus yang mencuci tangan kita.

Namun, kita tidak diperbolehkan untuk membuat pengingkaran apapun hari ini. Kita akan mengkhianati misteri yang sedang kita rayakan. Yesus wafat, berseru, "Bapa, ampunilah mereka; sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat" (Luk 23:34). Doa ini tidak hanya bergumam di bawah napas-Nya; ia berseru sehingga orang-orang itu bisa mendengarnya dengan baik. Ia bahkan bukan hanya sebuah doa; ia adalah sebuah permintaan yang harus ditaati yang dibuat dengan otoritas yang berasal dari menjadi Putra : "Bapa, ampunilah mereka!" Dan karena Ia sendiri telah mengatakan bahwa Bapa mendengar semua doa-Nya (lihat Yoh 11:42), kita harus percaya bahwa Ia mendengar doa terakhir dari salib ini dan akibatnya bahwa para penyalib Kristus kemudian diampuni oleh Allah (tentu saja tidak tanpa bertobat dalam beberapa cara) dan berada bersama Dia di surga, untuk bersaksi bagi semua kekekalan yang kepada ekstrem ini kasih Allah mampu pergi.

Ketidaktahuan, pada hakekatnya, ada secara eksklusif di antara para serdadu. Tetapi doa Yesus tidak terbatas pada mereka. Kemegahan ilahi pengampunan-Nya terdiri dalam kenyataan bahwa itu juga ditawarkan bagi para musuh-Nya yang paling tanpa belas kasihan. Alasan ketidaktahuan dikedepankan dengan tepat bagi mereka. Meskipun mereka bertindak dengan licik dan dengki, pada kenyataannya mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat; mereka tidak berpikir mereka sedang memaku pada salib seorang manusia yang benar-benar Mesias dan Putra Allah! Alih-alih menuduh musuh-musuh-Nya, atau mengampuni mereka dan mempercayakan tugas balas dendam kepada Bapa surgawi-Nya, Ia membela mereka.

Ia menyajikan murid-murid-Nya dengan sebuah contoh kemurahan hati yang tak terbatas. Mengampuni dengan kebesaran yang sama dari jiwa-Nya tidak berarti hanya sebuah sikap negatif yang melaluinya orang menolak keinginan jahat pada orang-orang yang berbuat jahat; itu harus diubah bukan menjadi sebuah keinginan positif untuk berbuat baik kepada mereka, bahkan jika itu hanya melalui sebuah doa kepada Allah atas nama mereka. "Berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu" (Mat 5:44). Jenis pengampunan ini tidak bisa mencari balasan dengan harapan hukuman ilahi. Ia harus diilhami oleh sebuah amal yang memaafkan sesama tanpa, tetapi, menutup mata terhadap kebenaran tetapi, sebaliknya, mengusahakan menghentikan para pelaku kejahatan sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan melakukan yang lebih membahayakan orang lain dan diri mereka sendiri.

Kita mungkin ingin mengatakan, "Tuhan, Engkau meminta kami untuk melakukan hal yang mustahil!" Ia akan menjawab, "Aku tahu, tapi Aku wafat untuk memberikan kamu apa yang sedang Aku minta daripadamu. Aku tidak hanya memberi kamu perintah untuk mengampuni dan tidak hanya sebuah contoh heroik pengampunan, tetapi melalui wafat-Ku, Aku juga menganugerahkan kamu rahmat yang memampukan kamu untuk mengampuni. Aku tidak memberikan dunia hanya sebuah ajaran tentang belas kasih seperti yang diberikan banyak orang lain. Aku juga Allah dan Aku telah mencurahkan bagimu sungai-sungai belas kasih melalui wafat-Ku. Dari mereka kamu dapat menarik sebanyak mungkin belas kasih yang kamu inginkan selama Tahun Yubileum Kerahiman".

***

Seseorang bisa mengatakan, "Jadi, apakah mengikuti Kristus selalu berarti menyerahkan diri secara pasif untuk mengalah dan mati?" Sebaliknya! Ia mengatakan kepada murid-murid-Nya, "Bersoraklah" sebelum masuk ke dalam sengsara-Nya : "Aku telah mengalahkan dunia" (Yoh 16:33). Kristus telah mengalahkan dunia dengan mengalahkan kejahatan dunia. Kemenangan definitif kebaikan atas kejahatan yang akan diwujudkan pada akhir jaman telah terjadi, secara hukum dan de facto, pada salib Kristus. "Sekarang", Ia berkata, "adalah penghakiman atas dunia ini" (Yoh 12:31).Sejak hari itu, kejahatan hilang, dan ia semakin hilang ketika ia tampak semakin menang. Ia sudah diadili dan dihukum dalam ungkapannya yang terakhir dengan sebuah kalimat yang tidak dapat diajukan banding.

Yesus mengalahkan kekerasan tidak dengan menentangnya dengan sebuah kekerasan yang lebih besar tetapi dengan menanggungnya dan membongkar semua ketidakadilan dan kesia-siaan. Ia meresmikan semacam kemenangan baru yang dirangkum oleh Santo Agustinus dalam tiga kata: "Victor quia victima : Kemenangan karena korban" [5] Melihat Ia wafat dengan cara ini menyebabkan perwira Romawi berseru," Sungguh, orang ini adalah Anak Allah! "(Mrk 15:39). Lainnya bertanya pada mereka diri sendiri bisa berarti apa "teriakan keras" yang dipancarkan oleh kematian Yesus (lihat Mrk 15:37). Perwira itu, yang ahli dalam pertarungan dan pertempuran, mengakui seketika itu juga bahwa itu adalah sebuah teriakan kemenangan.[6]

Masalah kekerasan mengganggu kita, mengejutkan kita, dan ia telah menciptakan bentuk-bentuk baru dan menghebohkan dari kekejaman dan kebiadaban hari ini. Kita orang-orang Kristiani ngeri akan gagasan bahwa orang dapat membunuh dalam nama Allah. Tetapi, seseorang bisa menolak, "Tetapi bukankah Alkitab juga penuh dengan cerita-cerita kekerasan? Bukankah Allah disebut 'Tuhan semesta alam'? Bukankah untuk mengutuk seluruh kota untuk pemusnahan dikaitkan dengan-Nya? Bukankah Ia yang mengatur sejumlah kasus hukuman mati dalam Hukum Musa?"

Jika mereka telah mengalamatkan keberatan-keberatan yang sama itu terhadap Yesus selama hidup-Nya, Ia pasti telah menanggapi dengan apa yang Ia katakan tentang perceraian: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian" (Mat 19:8). Hal yang sama berlaku untuk kekerasan: "sejak semula tidaklah demikian". Bab pertama Kejadian menyajikan sebuah dunia di mana kekerasan bahkan tidak masuk akal, tidak di antara manusia itu sendiri maupun di antara manusia dan hewan. Bahkan tidak untuk membalas kematian Habel, dan karena itu menghukum si pembunuh, apakah diperbolehkan untuk membunuh (lihat Kej 4:15).

Kehendak Allah yang sebenarnya Allah dinyatakan oleh perintah "Jangan membunuh" lebih daripada oleh pengecualian terhadap perintah dalam hukum itu, yang merupakan kelonggaran terhadap "kekerasan hati" dan praktek masyarakat. Kekerasan, bersama dengan dosa, sayangnya adalah bagian dari kehidupan, dan Perjanjian Lama, yang mencerminkan kehidupan dan harus berguna bagi kehidupan sebagaimana adanya, berusaha melalui perundang-undangan dan hukuman matinya setidaknya menyalurkan dan mengekang kekerasan sehingga ia tidak merosot menjadi keleluasaan pribadi dan orang-orang kemudian saling mengobrak-abrik.[7]

Paulus berbicara tentang sebuah periode waktu yang ditandai dengan "kesabaran" Allah (lihat Roma 3:25). Allah bersabar terhadap kekerasan cara Ia bersabar terhadap poligami, perceraian, dan hal-hal lain, tetapi Ia sedang mempersiapkan orang-orang untuk sebuah masa yang di dalamnya rencana awal-Nya akan "diikhtisarkan" dan dipulihkan untuk menghormati, seakan-akan sebuah ciptaan baru. Masa itu tiba bersama Yesus, yang menyatakan di atas bukit, "Kamu telah mendengar firman: 'Mata ganti mata dan gigi ganti gigi'. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu ....  Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu" (Mat 5:38-39,43-44).

"Khotbah di Bukit" yang sejati yang mengubah sejarah bukanlah, bagaimanapun, salah satu khotbah yang diucapkan di sebuah bukit di Galilea tetapi khotbah yang sekarang dinyatakan, dengan keheningan, dari salib. Di Kalvari Kristus memberikan sebuat "tidak" yang definitif terhadap kekerasan, pengaturan yang bertentangan dengannya tidak hanya dengan tanpa kekerasan tetapi, bahkan lebih, dengan pengampunan, kelemahlembutan, dan kasih. Meskipun kekerasan masih akan terus ada, ia tidak akan lagi - bahkan tidak jauh - dapat menghubungkan dirinya kepada Allah dan menyelubungi dirinya dalam kekuasaan-Nya. Melakukan hal demikian akan membuat konsep Allah mundur ke tahap primitif dan bersahaja dalam sejarah yang telah dilampaui oleh hati nurani umat manusia yang religius dan beradab.

 * * *

Para martir sejati bagi Kristus tidak mati dengan tangan terkepal tetapi dengan tangan mereka yang tergabung dalam doa. Kita telah memiliki banyak contoh terbaru dari hal ini. Kristus adalah orang yang memberikan dua puluh satu orang Kristen Koptik dipenggal di Libya oleh ISIS 22 Februari lalu ini kekuatan untuk mati membisikkan nama Yesus.

Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa untuk saudara dan saudari kami yang dianiaya dalam iman dan untuk semua manusia Ecce Homo yang berada di muka bumi pada saat ini, orang-orang Kristiani dan bukan Kristiani. Maria, di kaki salib engkau menyatukan dirimu kepada Putramu, dan engkau berbisik, setelah Dia, "Bapa, ampunilah mereka!" Bantu kami mengalahkan kejahatan dengan kebaikan, tidak hanya di panggung dunia, tetapi juga dalam kehidupan kami sehari-hari, di dalam dinding-dinding rumah kami. Engkau "berbagi penderitaan-Nya ketika Ia wafat di kayu salib. Dengan demikian, dengan cara yang sangat khusus engkau bekerja sama dengan ketaatan, iman, harapan dan penyalaan amalmu dalam karya Juruselamat"[8] Semoga engkau mengilhami para pria dan wanita dari masa kami dengan pikiran damai dan belas kasih. Dan pikiran pengampunan. Amin.

______________________

[1] Blaise Pascal, ”Misteri Yesus”, #552, dalam Pensées (New York: E. P. Dutton & Co., 1958), 148.
[2] Friedrich Nietzsche, Ilmu Homo III, 125.
[3] Eusebius, Sejarah Gereja,  VII, 22, 4, terjemahan G. A. Williamson (New York: Penguin Books, 1965), 236-237.
[4] Ernesto Galli della Loggia, “L’indifferenza che uccide” [“Ketidakpedulian yang Membunuh”], dalam Corriere della sera, 28 Juli, 2014, hal. 1.
[5] Augustine, Pengakuan-pengakuan, X, 43.
[6] Lihat Permainan Sengsara Allah yang Mustahil oleh Frank Topping.
[7] Lihat René Girard, Hal-hal Tersembunyi Sejak Adanya Dunia (Stanford , CA : Stanford University Press, 1987).
[8] bdk. Lumen Gentium, no. 61.