Liturgical Calendar

PESAN PASKAH PAUS FRANSISKUS DAN BERKAT "URBI ET ORBI" (Minggu, 16 April 2017)

Saudara dan saudari terkasih,

Selamat Hari Paskah!

Hari ini, di seluruh dunia, Gereja menggemakan sekali lagi pesan mencengangkan murid-murid pertama : “Yesus telah bangkit!” - “Ia sungguh bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya!"

Pesta Paskah kuno, peringatan pembebasan orang-orang Ibrani dari perbudakan, di sini menemukan pemenuhan. Dengan kebangkitan-Nya, Yesus Kristus telah membebaskan kita dari perbudakan dosa dan kematian, dan telah membuka di hadapan kita jalan menuju kehidupan kekal.

Kita semua, ketika kita membiarkan diri kita dikuasai oleh dosa, kehilangan jalan yang benar dan akhirnya tersesat bagaikan domba yang hilang. Tetapi Allah sendiri, Sang Gembala kita, telah datang mencari kita. Untuk menyelamatkan kita, Ia merendahkan diri-Nya bahkan sampai wafat di kayu salib. Hari ini kita dapat mewartakan : “Sang Gembala yang Baik telah bangkit, yang menyerahkan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya, dan rela mati bagi umat-Nya, aleluya” (Missal Romawi, Hari Minggu Paskah IV, antifon Komuni).

Di setiap zaman, Sang Gembala yang bangkit tanpa kenal lelah mencari kita, saudara dan saudari-Nya, mengembara di padang gurun dunia ini. Dengan bekas-bekas sengsara - luka-luka kasih-Nya yang penuh belas kasihan - Ia menarik kita untuk mengikuti-Nya pada jalan, jalan kehidupan-Nya. Hari ini juga, Ia menempatkan pada bahu-Nya begitu banyak saudara dan saudari kita yang dihancurkan oleh kejahatan dalam segala bentuknya yang beragam.

Sang Gembala yang Bangkit pergi mencari semua yang hilang dalam labirin kesepian dan keterpinggiran. Ia datang untuk menemui mereka melalui saudara dan saudari kita yang memperlakukan mereka dengan rasa hormat dan kebaikan, serta membantu mereka untuk mendengarkan suara-Nya, suara yang tak terlupakan, suara memanggil mereka kembali kepada persahabatan dengan Allah.

Ia mengambil atas diri-Nya semua orang yang menjadi korban bentuk-bentuk lama dan baru dari perbudakan, perburuhan yang tidak manusiawi, perdagangan ilegal, eksploitasi dan diskriminasi, dan bentuk-bentuk kecanduan berat. Ia mengambil atas diri-Nya anak-anak dan para remaja yang tercerabut kepolosan mereka yang riang dan tereksploitasi, serta orang-orang yang sangat terluka oleh tindakan-tindakan kekerasan yang terjadi dalam dinding-dinding rumah mereka sendiri.

Sang Gembala yang Bangkit berjalan di samping semua orang yang terpaksa meninggalkan tanah air mereka sebagai akibat perseteruan bersenjata, serangan teroris, kelaparan dan rezim yang menindas. Di mana-mana Ia membantu para migran yang terpaksa ini untuk berjumpa saudara dan saudari, yang dengannya mereka dapat berbagi roti dan pengharapan pada perjalanan mereka.

Dalam situasi-situasi yang rumit dan sering kali dramatis dunia sekarang ini, semoga Tuhan yang Bangkit menuntun langkah-langkah semua orang yang bekerja untuk keadilan dan perdamaian. Semoga Ia menganugerahkan para pemimpin negara keberanian yang mereka butuhkan untuk mencegah penyebaran perseteruan dan untuk menahan laju perdagangan senjata.

Terutama di hari-hari ini, semoga Ia menopang upaya-upaya semua orang yang secara aktif terlibat dalam membawa kenyamanan dan bantuan kepada penduduk sipil di Suriah, mangsa sebuah peperangan yang terus menabur kengerian dan kematian. Semoga Ia menganugerahkan perdamaian ke seluruh Timur Tengah, dimulai dengan Tanah Suci, serta di Irak dan Yaman.

Semoga Sang Gembala yang Baik tetap dekat dengan rakyat Sudan Selatan, Sudan, Somalia dan Republik Demokratik Kongo, yang terus menanggung permusuhan, yang diperburuk oleh kelaparan yang parah yang mempengaruhi wilayah-wilayah Afrika tertentu.

Semoga Yesus yang bangkit menopang upaya-upaya semua orang yang, terutama di Amerika Latin, berkomitmen untuk memastikan kebaikan bersama masyarakat-masyarakat yang kerap kali ditandai oleh ketegangan-ketegangan politik dan sosial yang dalam beberapa kasus telah menghasilkan kekerasan. Semoga jembatan-jembatan dialog memungkinkan dibangun, dengan terus melawan momok korupsi dan mencari penyelesaian yang layak dan damai untuk sengketa, untuk kemajuan dan penguatan lembaga-lembaga demokratis dengan penghormatan penuh terhadap peraturan hukum.

Semoga Sang Gembala yang Baik datang membantu Ukraina, yang masih dilanda perseteruan dan pertumpahan darah, untuk mendapatkan kembali keselarasan sosial. Semoga Ia menyertai segala upaya untuk meringankan penderitaan tragis orang-orang yang terkena dampak perseteruan.

Tuhan yang Bangkit terus menumpahkan berkat-Nya atas benua Eropa. Semoga Ia menganugerahkan pengharapan kepada mereka yang sedang mengalami saat-saat krisis dan kesulitan, terutama karena pengangguran yang tinggi, khususnya di kalangan orang-orang muda.

Saudara dan saudari terkasih, tahun ini umat kristiani setiap pengakuan merayakan Paskah bersama-sama. Dengan satu suara, di segala penjuru dunia, kita mewartakan pesan agung : “Tuhan sungguh bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya!". "Semoga Yesus, yang mengalahkan kegelapan dosa dan kematian, menganugerahkan perdamaian kepada hari-hari kita.

Selamat Hari Raya Paskah!