Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN DI KAPEL PENAMPAKAN, KNOCK, IRLANDIA 26 Agustus 2018

Saudara-saudari terkasih,

Saya bersyukur kepada Allah atas kesempatan ini, dalam konteks Pertemuan Keluarga Sedunia, mengunjungi tempat kudus ini, yang sangat disayangi oleh orang-orang Irlandia. Saya berterima kasih kepada Uskup Agung Neary dan Rektor, Pastor Gibbons, atas sambutan hangat mereka.

Di Kapel Penampakan, saya memanjatkan doa pengantaraan kepada Bunda Maria yang penuh kasih bagi seluruh keluarga di dunia, dan, dengan secara khusus, keluarga-keluarga kalian, keluarga-keluarga Irlandia. Maria, bunda kita memahami sukacita dan perjuangan yang dirasakan di setiap rumah. Menggenggam keluarga-keluarga dalam hatinya yang tak bernoda, Maria membawa mereka dengan kasih menuju takhta Putranya.


Sebagai peringatan atas kunjungan saya, saya telah mempersembahkan rosario yang terbuat dari emas untuk tempat kudus tersebut. Saya tahu betapa pentingnya tradisi rosario keluarga di negeri ini. Siapa yang dapat menceritakan berapa banyak hati, ayah, ibu dan anak-anak bersama-sama, telah mendapatkan penghiburan dan kekuatan selama bertahun-tahun dengan merenungkan keikutsertaan Bunda Maria dalam misteri kehidupan Kristus yang penuh sukacita, gemilang, penuh dukacita dan mulia!

Maria, Bunda kita juga adalah Bunda Gereja, dan kepadanya hari ini kita mempercayakan perjalanan umat Allah yang setia di pulau zamrud ini. Kita mohon agar keluarga-keluarga kita didukung dalam upaya-upaya mereka untuk mengembangkan Kerajaan Kristus dan memperhatikan saudara-saudari kita yang terkecil. Di tengah badai dan angin yang mengguncang zaman kita, semoga keluarga-keluarga menjadi benteng iman dan kebaikan, menentang, dalam tradisi terbaik bangsa ini, semua yang akan mengurangi martabat kita sebagai pria dan wanita yang diciptakan menurut gambar Allah dan dipanggil menuju takdir tertinggi kehidupan kekal.

Semoga Bunda Maria juga memandang dengan belas kasihan seluruh anggota keluarga Putranya yang sedang menderita. Dalam doa saya di hadapan patung Bunda Maria, saya menyampaikan kepadanya khususnya seluruh korban pelecehan apapun jenisnya yang dilakukan oleh anggota-anggota Gereja di Irlandia. Kita tergugah oleh cerita-cerita kaum muda yang menderita pelecehan, terampas kesuciannya dan meninggalkan bekas luka oleh karena berbagai kenangan yang menyakitkan. Luka yang menganga ini menantang kita untuk teguh dan pasti dalam mengejar kebenaran dan keadilan. Saya memohon pengampunan Tuhan atas dosa-dosa ini serta atas skandal dan pengkhianatan yang dirasakan oleh begitu banyak orang lain dalam keluarga Allah. Saya memohon Bunda Suci kita untuk mengantarai penyembuhan mereka yang selamat dan memastikan setiap anggota keluarga kristiani kita bertekad untuk tidak pernah lagi mengizinkan berbagai situasi ini terjadi.

Peziarahan saya ke Knock juga memungkinkan saya untuk memberi salam hangat kepada orang-orang Irlandia Utara tercinta. Meskipun perjalanan saya untuk Pertemuan Keluarga Sedunia tidak termasuk kunjungan ke Irlandia Utara, saya meyakinkan kalian akan kasih sayang saya dan kedekatan saya dalam doa. Saya memohon kepada Bunda Maria untuk mendukung seluruh anggota keluarga Irlandia untuk bertekun, sebagai saudara dan saudari, dalam karya pendamaian. Dengan berterima kasih atas perkembangan ekumenisme, dan pertumbuhan yang berarti dari persahabatan dan kerjasama di antara jemaat-jemaat kristiani, saya mendoakan semoga seluruh pengikut Kristus sudi mendukung upaya-upaya berkelanjutan untuk mengembangkan proses perdamaian dan membangun masyarakat yang seia sekata dan adil bagi anak-anak saat ini.

Sekarang, dengan berbagai ujud ini, dan seluruh ujud yang tersembunyi di dalam hati kita, marilah kita berpaling kepada Santa Perawan Maria dalam doa Malaikat Tuhan.