Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN DI KEUSKUPAN AGUNG CAMERINO-SAN SEVERINO MARCHE (ITALIA) 16 Juni 2019


Kemarin di Pozzomaggiore, Sardinia, Edvige Carboni, seorang umat wanita sederhana, yang dalam kehidupan sehari-hari yang rendah hati merangkul Salib, memberikan kesaksian iman dan amal kasih, dinyatakan sebagai Beata. Kita bersyukur karena murid Kristus yang setia ini, yang menghabiskan seluruh hidupnya untuk melayani Allah dan sesamanya. Tepuk tangan untuk sang beata baru!

Hari ini secara khusus kita ingin mengingat para pengungsi, pada Hari Pengungsi Sedunia Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hari Pengungsi Sedunia ini mengajak semua orang untuk bersetia kawan dengan para pria, wanita, dan anak-anak yang melarikan diri dari perang, berbagai penganiayaan, dan pelanggaran hak-hak dasar mereka. Semoga komunitas gerejawi dan sipil kita dekat dengan mereka serta memperhatikan kebutuhan dan penderitaan mereka.


Selain itu, saya mengikuti dengan keprihatinan meningkatnya ketegangan di Teluk Persia. Saya mengajak semua orang untuk menggunakan sarana diplomasi untuk menyelesaikan permasalahan pertikaian yang rumit di Timur Tengah. Dengan tulus saya juga kembali menyerukan Komunitas Internasional untuk melakukan segala upaya yang mungkin guna mendorong dialog dan perdamaian.

Di akhir perayaan ini, dengan hangat saya menyapa kalian semua yang hadir di sini. Dengan kasih sayang saya menyampaikan salam kepada orang-orang sakit, orang-orang lanjut usia, orang-orang yang terpenjara dan semua orang yang, melalui radio dan televisi, mempersatukan diri mereka secara rohani dengan Misa Kudus ini. Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua orang - lembaga-lembaga, kesatuan-kesatuan, lembaga-lembaga dan orang perorangan - yang bekerja untuk hal ini, kunjungan saya yang singkat tetapi intens, bekerja sama dengan murah hati dengan Keuskupan Agung Camerino-San Severino Marche. Saya ingin mengirimkan salam dan dorongan khusus kepada penduduk San Severino Marche, yang akan saya sapa dari tempat tinggi, terbang di atas kota mereka dengan helikopter.

Saudara dan saudari terkasih, semoga kalian dapat berjalan dipersatukan dan penuh sukacita di jalan iman, harapan dan amal kasih, penuh kesetiaan terhadap banyak kesaksian akan kekudusan, yang kaya di wilayah kalian. Saya sedang memikirkan, antara lain, Santo Venanzio, Santo Severino, Santo Ansovino, Santo Nikolas dari Tolentino, Santo Pacifico dan Beato Battista Varano. Saya juga sedang memikirkan banyak tokoh "orang kudus pintu sebelah", bukan para beato/beata atau santo/santa, tetapi yang telah mendukung - dan mendukung - dan mengubah berbagai keluarga dan komunitas dengan kekuatan kehidupan Kristiani mereka.

Dan sekarang kita mendaraskan bersama doa Malaikat Tuhan. Saya mempercayakan seluruh komunitas Keuskupan kepada Perawan Suci, yang kalian hormati di banyak gua Maria dan yang kalian panjatkan terutama dengan gelar Santa Maria di Via. Semoga ia, yang dengan kehadiran keibuannya menjiwai komunitas pertama murid-murid Yesus, juga membantu Gereja dewasa ini untuk memberikan kesaksian yang baik tentang Injil.

[Pendarasan doa Malaikat Tuhan]