Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN DI RUMAH SAKIT GEMELLI, ROMA, 11 Juli 2021 : PELAYANAN KESEHATAN UNTUK SEMUA ORANG ADALAH PELAYANAN YANG SANGAT PENTING

Saudara-saudari terkasih, selamat pagi!

 

Saya senang bisa menepati janji untuk berdoa Malaikat Tuhan hari Minggu, bahkan di sini dari Poliklinik "Gemelli". Saya berterima kasih kepada kamu semua : Saya telah merasakan kedekatanmu dan dukungan doamu. Terima kasih dari lubuk hati saya!

 

Perikop Injil yang kita baca hari ini dalam Liturgi menceritakan bahwa murid-murid Yesus, yang diutus oleh-Nya, “mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka” (Mrk 6:13). “Minyak” ini juga membuat kita berpikir tentang Sakramen Pengurapan Orang Sakit, yang memberikan penghiburan bagi jiwa dan tubuh. Tetapi "minyak" ini juga merupakan pendengaran, kedekatan, perhatian, kelembutan orang-orang yang merawat orang sakit : minyak ini seperti belaian yang membuat kamu merasa lebih baik, menenangkan rasa sakit dan menghiburmu. Kita semua, setiap orang, cepat atau lambat, kita semua membutuhkan “urapan” kedekatan dan kelembutan ini, serta kita semua dapat memberikannya kepada orang lain, dengan kunjungan, panggilan telepon, uluran tangan kepada seseorang yang membutuhkan bantuan.

 

Marilah kita ingat bahwa, dalam protokol penghakiman terakhir – Matius 25 – salah satu hal yang akan ditanyakan kepada kita adalah tentang kedekatan dengan orang sakit.

 

Dalam hari-hari dirawat di rumah sakit ini, saya telah mengalami sekali lagi betapa pentingnya perawatan kesehatan yang baik, yang dapat diakses oleh semua orang, seperti di Italia dan di negara-negara lain. Perawatan kesehatan gratis, yang menjamin pelayanan yang baik, dapat diakses oleh semua orang. Manfaat berharga ini tidak boleh lenyap. Manfaat tersebut perlu dijaga! Dan untuk ini setiap orang perlu berkomitmen, karena membantu semua orang dan membutuhkan kontribusi semua orang. Di dalam Gereja juga kadang-kadang terjadi bahwa beberapa lembaga kesehatan, karena manajemen yang buruk, tidak berjalan dengan baik secara ekonomi, dan pikiran pertama yang muncul dalam benak adalah menjualnya. Tetapi panggilan, di dalam Gereja, bukanlah untuk memiliki uang; panggilan adalah untuk menawarkan pelayanan, dan pelayanan selalu diberikan secara cuma-cuma. Jangan melupakan hal ini : menyelamatkan lembaga-lembaga cuma-cuma.

 

Saya ingin menyampaikan penghargaan dan dorongan kepada para dokter serta seluruh petugas kesehatan dan staf rumah sakit ini dan rumah sakit lainnya. Mereka bekerja sangat keras! Dan marilah kita mendoakan semua orang sakit. Di sini ada beberapa sahabat, anak-anak yang sakit…. Mengapa anak-anak menderita? Mengapa anak-anak menderita adalah pertanyaan yang menyentuh hati. Mendampingi mereka dengan doa dan mendoakan semua orang sakit, terutama orang-orang yang berada dalam kondisi yang paling sulit : semoga tidak ada seorangpun yang ditinggalkan sendirian, semoga setiap orang menerima urapan pendengaran, kedekatan, kelembutan dan perhatian. Marilah kita memohonkan hal ini melalui pengantaraan Maria, Bunda kita, Kesehatan Orang Sakit.

 

[Setelah pendarasan doa Malaikat Tuhan]

 

Saudara-saudari yang terkasih,

 

Dalam beberapa hari terakhir, doa saya sering ditujukan ke Haiti, menyusul pembunuhan Presidennya dan melukai istrinya. Saya bergabung dengan para uskup negara itu yang dengan tulus menyerukan agar “meletakkan senjata, memilih kehidupan, memilih untuk hidup bersama dengan persaudaraan demi kepentingan seluruh rakyat dan demi kepentingan Haiti”. Saya dekat dengan rakyat Haiti yang tercinta; saya berharap pilinan kekerasan akan berhenti dan bangsa Haiti dapat melanjutkan perjalanan menuju masa depan yang rukun dan damai.

 

Hari ini adalah “Hari Minggu Laut”, didedikasikan secara khusus untuk para pelaut dan orang-orang yang sumber pekerjaan dan makanannya adalah laut. Saya mendoakan mereka dan mendesak semua orang untuk menjaga laut dan samudera. Jagalah kesehatan laut : jangan ada plastik di laut!

 

Saya mengingat dan memberkati orang-orang yang hari ini di Polandia sedang ikut serta dalam peziarahan Keluarga Radio Maria menuju Gua Maria Czestochowa.

 

Hari ini kita merayakan Pesta Santo Benediktus, Abas dan Pelindung Eropa. Pelukan untuk Santo pelindung kita! Marilah kita menyampaikan harapan baik yang penuh doa kepada pria dan wanita Benediktin di seluruh dunia. Dan harapan terbaik untuk Eropa, agar bersatu dalam nilai-nilai pendiriannya.

 

Dan selamat hari Minggu untuk semuanya! Jangan lupa untuk mendoakan saya. Selamat menikmati makan siang! Sampai jumpa!