Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM AUDIENSI UMUM 31 Januari 2024 : RANGKAIAN KATEKESE TENTANG KEBURUKAN DAN KEBAJIKAN (BAGIAN 6 : PERJUANGAN ROHANI) : KEMARAHAN

Saudara-saudari terkasih, selamat pagi!

Hari ini kita akan berhenti sejenak untuk merenungkan sifat buruk kemarahan. Sekarang kita berbicara tentang keburukan dan kebajikan: hari ini adalah saatnya untuk merenungkan keburukan kemarahan. Kemarahan adalah sifat buruk yang sangat gelap, dan mungkin yang paling mudah dideteksi dari sudut pandang fisik. Orang yang dikuasai kemarahan merasa sulit menyembunyikan dorongan ini: kamu dapat mengenalinya dari gerakan tubuhnya, agresivitasnya, napasnya yang tersegal-segal, ungkapannya yang muram dan cemberut.

 

Dalam perwujudannya yang paling akut, kemarahan adalah suatu sifat buruk yang tiada henti. Jika berasal dari ketidakadilan yang diderita (atau diyakini akan diderita), kemarahan sering kali dilancarkan bukan terhadap pelakunya, namun terhadap korban pertama yang malang. Ada orang yang menahan kemarahannya di tempat kerja, menunjukkan dirinya tenang dan tenteram, namun di rumah ia tidak dapat menahan kemarahannya terhadap istri dan anak-anaknya. Kemarahan adalah suatu sifat buruk yang menyebar luas: kemarahan mampu membuat kita tidak bisa tidur, menghalangi jalan menuju akal dan pikiran.

 

Kemarahan adalah sifat buruk yang menghancurkan hubungan antarmanusia. Kemarahan mengungkapkan ketidakmampuan untuk menerima keberagaman orang lain, terutama ketika pilihan hidup mereka berbeda dengan pilihan kita. Kemarahan tidak berhenti pada kelakuan buruk salah seorang saja, namun melemparkan segalanya ke dalam kuali: orang lain, orang lain apa adanya, orang lain sebagaimana adanya, memicu kemarahan dan kebencian. Kita mulai membenci nada suaranya, gerak-gerik sehari-harinya yang remeh-temeh, cara berpikir dan perasaannya.

 

Ketika hubungan mencapai tingkat kemerosotan ini, kejernihan hilang. Kemarahan membuat kita kehilangan kejernihan, bukan? Karena salah satu ciri kemarahan, kadang-kadang, tidak dapat diredakan seiring berjalannya waktu. Dalam kasus ini, bahkan jarak dan keheningan, bukannya meringankan beban kesalahan, malah memperbesar kesalahan tersebut. Karena alasan ini, Rasul Paulus – sebagaimana telah kita dengar – menganjurkan umat Kristiani untuk segera menghadapi masalah ini, dan mengupayakan rekonsiliasi: “Janganlah matahari terbenam, sebelum padam kemarahanmu” (Ef. 4:26). Semuanya segera sirna, sebelum matahari terbenam, penting. Jika terjadi kesalahpahaman di siang hari, dan dua orang tidak dapat lagi saling memahami, menganggap diri mereka berjauhan, maka malam hari tidak dapat diserahkan kepada iblis. Sifat buruk akan membuat kita tetap terjaga di malam hari, memikirkan alasan-alasan kita dan kesalahan-kesalahan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang tidak pernah menjadi milik kita dan selalu menjadi milik orang lain. Begini caranya: ketika sedang marah, kita selalu mengatakan orang lain adalah masalahnya. Kita tidak pernah mampu mengenali aib kita, kekurangan kita.

 

Dalam Doa Bapa Kami, Yesus mengajak kita mendoakan hubungan antarmanusia, yang merupakan lahan ranjau: ranah yang tidak pernah berada dalam keseimbangan sempurna. Dalam kehidupan, kita harus menghadapi orang yang bersalah kepada kita, sama seperti kita tidak pernah mencintai semua orang sebagaimana mestinya. Kepada beberapa orang, kita belum membalas cinta yang menjadi hak mereka. Kita semua adalah orang berdosa, kita semua, dan kita semua mempunyai masalah yang harus diselesaikan: jangan melupakan hal ini. Kita berhutang budi, kita semua mempunyai tanggung jawab yang harus diselesaikan, dan oleh karena itu kita semua perlu belajar bagaimana mengampuni agar bisa diampuni. Orang-orang tidak bisa tinggal bersama jika mereka tidak mempraktikkan seni mengampuni, sejauh hal ini memungkinkan secara manusiawi. Kemarahan dihadapi dengan kebajikan, keterbukaan hati, kelembutan dan kesabaran.

Namun, mengenai kemarahan, ada satu hal lagi yang perlu dikatakan. Kemarahan dapat dikatakan merupakan suatu keburukan yang menjadi asal mula perang dan kekerasan. Proem dari Iliad menggambarkan kemarahan Achilles, yang akan menjadi penyebab “kesengsaraan yang tak terbatas”. Namun tidak semua hal yang bersumber dari kemarahan itu salah. Orang-orang zaman dahulu memahami dengan baik bahwa ada bagian diri kita yang mudah marah serta tidak dapat dan tidak boleh disangkal. Perasaan tersebut sampai batas tertentu tidak disadari: Perasaan tersebut terjadi, merupakan pengalaman hidup. Kita tidak bertanggung jawab atas timbulnya kemarahan, namun selalu atas perkembangan kemarahan tersebut. Dan ada kalanya kemarahan sebaiknya dilampiaskan secara benar. Jika seseorang tidak pernah marah, jika seseorang tidak marah terhadap suatu ketidakadilan, jika ia tidak merasakan sesuatu yang menggetarkan dalam hatinya karena penindasan terhadap orang yang lemah, maka artinya orang tersebut bukan manusia, apalagi orang kristiani.

Kemarahan suci itu ada, yang bukan merupakan kemarahan melainkan suatu gerakan batin, kemarahan suci. Yesus memahaminya beberapa kali dalam hidup-Nya (bdk. Mrk 3.5): Ia tidak pernah menanggapi kejahatan dengan kejahatan, tetapi di dalam jiwa-Nya, Ia merasakan kepekaan perasaan ini, dan dalam kasus para pedagang di Bait Allah, Ia melakukan tindakan keras dan mengandung nubuat. tindakan yang didikte bukan oleh kemarahan, melainkan oleh semangat untuk rumah Tuhan (bdk. Mat 21:12-13). Kita harus membedakannya dengan baik: semangat, kemarahan suci, adalah satu hal; kemarahan, yang buruk, adalah hal lain.

 

Dengan pertolongan Roh Kudus, menemukan ukuran yang tepat untuk kepekaan perasaan tersebut terserah kita. Mendidik mereka dengan baik agar mereka beralih kepada kebaikan dan bukan kepada kejahatan. Terima kasih.

 

[Sapaan Khusus]

 

Saya menyapa semua peziarah dan para pengunjung berbahasa Inggris yang ambil bagian dalam Audiensi hari ini, khususnya mereka yang datang dari Amerika Serikat. Atas kamu semua, dan atas keluargamu, saya memohonkan sukacita dan damai Tuhan kita Yesus Kristus. Allah memberkatimu!

 

[Ringkasan dalam Bahasa Inggris yang disampaikan oleh seorang penutur]

 

Saudara-saudari terkasih: dalam katekese kita tentang kebajikan dan keburukan, kita sekarang membahas “kemarahan”, yaitu kemarahan yang tidak terkendali yang mungkin dimulai dengan merenungkan pelanggaran yang diterima, namun berakhir dengan merusak diri sendiri dan merusak hubungan kita dengan orang lain, yang pada akhirnya mengarah pada kekerasan dan bahkan perang. Yesus mengajarkan kita untuk mengampuni mereka yang berdosa terhadap kita, sementara Santo Paulus mendesak kita untuk tidak membiarkan kemarahan kita hingga matahari terbenam. Namun ada jenis kemarahan yang pantas, yaitu kemarahan yang benar di hadapan kejahatan dan ketidakadilan. Sama halnya dengan segenap perasaan, demikian juga dengan kemarahan: dengan rahmat Roh Kudus yang menopang, mengelola dan mengarahkan perasaan kita untuk melayani kerajaan rekonsiliasi, keadilan dan perdamaian Allah, terserah kita.

_____

(Peter Suriadi - Bogor, 1 Februari 2024)