Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM AUDIENSI UMUM 20 Maret 2024 : RANGKAIAN KATEKESE TENTANG KEBURUKAN DAN KEBAJIKAN (BAGIAN 12 : PERJUANGAN ROHANI) : KEBIJAKSANAAN

Saudara-saudari terkasih, selamat pagi!

 

Kita mencurahkan katekese hari ini pada kebajikan kebijaksanaan. Selain keadilan, ketabahan, dan pengendalian diri, kebijaksanaan merupakan salah satu dari apa yang disebut kebajikan utama, yang bukan merupakan hak prerogatif eksklusif umat Kristiani, melainkan merupakan warisan kebijaksanaan kuno, khususnya warisan kebijaksanaan para filsuf Yunani. Oleh karena itu, salah satu tema paling menarik dalam karya perjumpaan dan inkulturasi justru adalah tema kebajikan.

 

Dalam tulisan-tulisan abad pertengahan, penyajian kebajikan bukan sekadar daftar kualitas positif jiwa. Kembali ke para penulis klasik dalam terang wahyu kristiani, para teolog membayangkan kumpulan kebajikan – tiga kebajikan teologis dan empat kebajikan pokok – sebagai semacam organisme hidup, di mana masing-masing kebajikan memiliki ruang yang selaras untuk ditempati. Ada kebajikan pokok dan kebajikan pelengkap, seperti pilar, kumpulan tiang, dan ibu kota. Memang benar, mungkin tidak ada yang lebih baik dalam menggambarkan gagasan tentang keselarasan antara manusia dan aspirasinya yang terus-menerus terhadap kebaikan selain katedral abad pertengahan.

 

Jadi, marilah kita mulai dengan kebijaksanaan. Kebijaksanaan bukan sifat orang yang penakut, selalu ragu-ragu mengenai tindakan apa yang harus diambil. Tidak, hal ini adalah penafsiran yang salah. Kebijaksanaan bahkan bukan sekadar peringatan. Mengutamakan kebijaksanaan berarti tindakan anusia berada di tangan kecerdasan dan kebebasannya. Orang yang bijaksana adalah orang yang kreatif: ia bernalar, mengevaluasi, mencoba memahami rumitnya kenyataan dan tidak membiarkan dirinya diliputi oleh emosi, kemalasan, tekanan, dan khayalan.

 

Di dunia yang dikuasai penampilan, pemikiran dangkal, kesepelean baik dan buruk, pelajaran kuno tentang kebijaksanaan layak untuk dihidupkan kembali.

 

Santo Thomas, setelah Aristoteles, menyebutnya “recta rasio agibilium”. Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk mengelola tindakan yang menuntunnya ke arah yang baik; karena alasan ini, kebijaksanaan dijuluki “kusir kebajikan”. Orang yang bijaksana adalah orang yang mampu memilih: selama masih dalam buku, hidup selalu mudah, namun di tengah angin dan ombak kehidupan sehari-hari lain soal; sering kali kita bimbang dan tidak tahu ke mana harus melangkah. Orang yang bijaksana tidak memilih secara kebetulan: pertama-tama, mereka tahu apa yang mereka inginkan, kemudian mereka mempertimbangkan situasi, mencari nasihat, dan dengan pandangan yang luas dan kebebasan batin, mereka memilih jalan mana yang akan diambil. Hal ini tidak berarti mereka tidak melakukan kesalahan: bagaimanapun juga, kita semua manusia; tetapi setidaknya mereka menghindari kemunduran besar. Sayangnya, di setiap lingkungan ada orang yang cenderung mengabaikan masalah dengan lelucon dangkal, atau memicu kontroversi. Sebaliknya, kebijaksanaan adalah kualitas dari mereka yang terpanggil untuk memerintah: mengetahui bahwa menjalankan pemerintahan itu sulit, ada banyak sudut pandang dan kita harus berusaha untuk menyelaraskannya, kita tidak boleh berbuat baik hanya kepada sebagian orang tetapi kepada semua orang.

 

Kebijaksanaan juga mengajarkan bahwa, sebagaimana dikatakan orang, “kesempurnaan adalah musuh kebaikan”. Memang benar, semangat yang berlebihan dalam beberapa situasi dapat menyebabkan bencana: dapat merusak konstruksi yang memerlukan tahapan; semangat yang berlebihan dapat menimbulkan perselisihan dan kesalahpahaman; bahkan dapat memicu kekerasan.

 

Orang yang bijaksana tahu bagaimana menjaga kenangan masa lalu, bukan karena takut akan masa depan, tetapi karena ia tahu bahwa tradisi adalah warisan kebijaksanaan. Kehidupan terdiri dari hal-hal lama dan baru yang saling tumpang tindih, dan tidak baik untuk selalu berpikir bahwa dunia dimulai dari diri kita, kita harus menghadapi masalah mulai dari awal. Dan orang yang bijaksana juga mempunyai pengetahuan. Ketika telah memutuskan tujuan yang ingin diperjuangkan, kita perlu memperoleh segala cara untuk mencapainya.

 

Banyak bagian Injil yang membantu mendidik kita agar bijaksana. Misalnya: orang yang bijaksana mendirikan rumahnya di atas batu, dan orang yang tidak bijaksana mendirikan rumahnya di atas pasir (bdk. Mat 7:24.27). Orang yang bijaksana adalah gadis yang membawa minyak untuk pelitanya, dan orang yang bodoh adalah gadis yang tidak membawa minyak (bdk. Mat 25:1-13). Kehidupan kristiani adalah kombinasi antara kesederhanaan dan kecerdikan. Mempersiapkan murid-murid-Nya untuk perutusan tersebut, Yesus menganjurkan: “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati” (Mat 10:16). Seolah-olah mau dikatakan bahwa Allah tidak hanya menginginkan kita menjadi orang kudus, Ia menginginkan kita menjadi orang kudus yang cerdas, karena tanpa kebijaksanaan, mengambil jalan yang salah adalah kesalahan sesaat!

 

[Sapaan Khusus]

 

Saya menyapa seluruh peziarah berbahasa Inggris, terutama yang datang dari Inggris, Belanda, Denmark, Kepulauan Faroe, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat. Semoga perjalanan Prapaskah membawa kita menuju Paskah dengan hati yang disucikan dan diperbarui oleh rahmat Roh Kudus. Atas dirimu dan keluargamu, saya memohonkan sukacita dan damai di dalam Kristus!

 

[Ringkasan dalam bahasa Inggris yang disampaikan oleh seorang penutur]

 

Saudara-saudari terkasih: dalam katekese lanjutan kita tentang kebajikan, kita sekarang membahas kebijaksanaan, salah satu dari empat kebajikan “utama” yang, bersama dengan kebajikan “teologis” yaitu iman, harapan dan kasih, merupakan pilar kehidupan kristiani yang terpadu. Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk menggabungkan kecerdasan dan kreativitas, kesederhanaan dan kecerdikan, memahami rumitnya situasi dan mengevaluasi solusi yang mungkin, menerapkan kebijaksanaan yang diperoleh dari pengalaman masa lalu sambil mengantisipasi kebutuhan di masa depan. Dalam pengertian ini, Santo Thomas Aquinas menyebut kebijaksanaan sebagai “alasan yang tepat dalam bertindak”. Yesus, dalam perumpamaan-Nya, sering kali menganjurkan murid-murid-Nya untuk melaksanakan kebajikan ini. Semoga kita juga mengamalkan kebijaksanaan setiap hari dalam perjalanan menuju kepenuhan hidup dalam Kerajaan Surga.
_____

(Peter Suriadi - Bogor, 20 Maret 2024)