Liturgical Calendar

PESAN “URBI ET ORBI” PAUS FRANSISKUS PADA HARI RAYA PASKAH 31 Maret 2013



Berikut adalah terjemahan pesan Urbi et Orbi (Untuk Kota Roma dan Dunia) Paus Fransiskus dari balkon utama Basilika Santo Petrus, Vatikan, setelah Misa Hari Minggu Paskah, 31 Maret 2013. Sekitar 250.000 umat menghadiri Misa tersebut.

*****
Saudara dan saudari terkasih di Roma dan di seluruh dunia, Selamat Paskah!

Sungguh suatu sukacita bagi saya untuk mengumumkan pesan ini: Kristus telah bangkit! Saya ingin pergi ke setiap rumah dan setiap keluarga, terutama di mana penderitaan adalah terbesar, di rumah sakit, di penjara ...

Terlebih-lebih, saya ingin masuk ke dalam setiap hati, karena di sanalah Allah ingin untuk menabur Kabar Baik: Yesus telah bangkit, ada harapan untuk Anda, Anda tidak lagi dalam kuasa dosa, dalam kuasa kejahatan! Kasih telah menang, rahmat telah menang!

Kita juga, seperti para perempuan yang adalah murid-murid Yesus, yang pergi ke kubur dan mendapatinya kosong, mungkin bertanya-tanya apa arti peristiwa ini (bdk. Luk 24:4). Apa artinya bahwa Yesus telah bangkit? Ini berarti bahwa kasih Allah lebih kuat dari kejahatan dan kematian itu sendiri; itu artinya kasih Allah bisa mengubah hidup kita dan membiarkan gurun yang menempati hati kita itu berkembang.

Kasih yang sama ini yang karenanya Putra Allah menjadi manusia dan mengikuti jalan kerendahan hati dan pemberian diri sampai mati, turun ke neraka - ke jurang keterpisahan dari Allah kemurahan kasih yang sama ini telah membanjiri dengan cahaya jenazah Yesus dan mengubahnya, telah menjadikannya masuk ke dalam hidup yang kekal. Yesus tidak kembali kepada kehidupan sebelumnya, kehidupan duniawi, tetapi masuk ke dalam kehidupan Allah yang mulia dan Ia masuk ke sana dengan kemanusiaan kita, membukakan kita kepada masa depan harapan.

Inilah Paskah : Paskah adalah keluaran, perjalanan umat manusia dari perbudakan dosa dan kejahatan menuju kebebasan kasih dan kebaikan. Karena Allah adalah hidup, hidup  itu sendiri, dan kemuliaan-Nya adalah orang yang hidup (bdk. Irenaeus, Adversus Haereses, 4,20,5-7).

Saudara dan saudari terkasih, Kristus telah mati dan bangkit sekali untuk selamanya, dan untuk semua orang, tapi kuasa kebangkitan, pembebasan dari perbudakan terhadap kejahatan kepada kebebasan kebaikan ini, harus dilakukan dalam setiap zaman, dalam keberadaan nyata kita, dalam kehidupan kita sehari-hari. Berapa banyak gurun, bahkan hari ini, yang perlu diseberangi umat manusia! Terlebih-lebih, gurun dalam pikiran, ketika kita tidak memiliki kasih kepada Allah atau sesama, ketika kita gagal untuk menyadari bahwa kita adalah penjaga dari semua yang telah diberikan Sang Pencipta kepada kita dan terus memberi kita. Kemurahan Tuhan dapat membuat bahkan tanah paling gersang menjadi taman, dapat memulihkan kehidupan tulang-tulang kering (bdk. Yeh 37:1-14).

Jadi ini adalah undangan yang saya alamatkan bagi semua orang: Mari kita menerima rahmat kebangkitan Kristus! Marilah kita diperbarui oleh kemurahan Allah, mari kita dikasihi oleh Yesus, mari kita memampukan kekuatan kasih-Nya untuk mengubah hidup kita juga, dan marilah kita menjadi alat rahmat ini, saluran yang melaluinya Allah dapat mengairi bumi, melindungi semua ciptaan dan membuat keadilan dan perdamaian berkembang.

Dan oleh sebab itu kita mohon Yesus yang bangkit, yang mengubah maut ke dalam hidup, untuk mengubah kebencian menjadi kasih, dendam menjadi pengampunan, perang menjadi kedamaian. Ya, Kristus adalah damai sejahtera kita, dan melalui Dia kita mohon perdamaian bagi seluruh dunia.

Perdamaian bagi Timur Tengah, dan terutama antara Israel dan Palestina, yang berjuang untuk menemukan jalan perjanjian, sehingga mereka memungkinkan sudi dan berani melanjutkan negosiasi untuk mengakhiri seluruh konflik yang telah berlangsung terlalu lama. Perdamaian di Irak, sehingga setiap tindakan kekerasan boleh berakhir, dan terlebih-lebih bagi Suriah yang terkasih, bagi orang-orang yang tercabik-cabik oleh konflik dan bagi banyak pengungsi yang menunggu bantuan dan kenyamanan. Berapa banyak darah yang telah ditumpahkan! Dan berapa banyak penderitaan masih harus ada sebelum penyelesaian politik bagi krisis akan ditemukan?

Perdamaian bagi Afrika, masih menjadi ajang konflik kekerasan. Di Mali, semoga persatuan dan stabilitas dipulihkan, di Nigeria, di mana serangan secara menyedihkan berlanjut, secara serius mengancam kehidupan banyak orang tak berdosa, dan di mana sejumlah besar orang, termasuk anak-anak, disandera oleh kelompok teroris. Perdamaian di sebelah Timur Republik Demokratik Kongo, dan di Republik Afrika Tengah, di mana banyak orang telah dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka dan terus hidup dalam ketakutan.

Perdamaian di Asia, terutama di semenanjung Korea: semoga perbedaan pendapat dapat diatasi dan semangat pembaruan rekonsiliasi tumbuh.

Perdamaian di seluruh dunia, yang masih terpecah oleh keserakahan mencari keuntungan mudah, yang terluka oleh keegoisan yang mengancam kehidupan manusia dan keluarga, keegoisan yang terus berlanjut dalam perdagangan manusia, bentuk paling luas dari perbudakan di abad kedua puluh satu. Perdamaian bagi seluruh dunia, terkoyak oleh kekerasan terkait dengan perdagangan narkoba dan oleh bengisnya eksploitasi sumber daya alam! Perdamaian bagi bumi kita ini! Menjadikan Yesus yang bangkit membawa kenyamanan kepada para korban bencana alam dan menjadikan kita penjaga ciptaan yang bertanggung jawab.

Saudara dan saudari terkasih, kepada Anda semua yang mendengarkan saya, dari Roma dan dari seluruh dunia, saya menyampaikan pesan undangan Pemazmur: "Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Biarlah Israel berkata: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!" (Mzm 118:1-2).

Saudara dan saudari terkasih, yang datang dari seluruh dunia ke Lapangan ini, jantung kekristenan, dan kalian semua yang bergabung dengan kita melalui media komunikasi, saya sekali lagi mengucapkan Selamat Paskah! Bawalah kepada keluarga Anda dan bangsa Anda warta sukacita harapan dan kedamaian yang setiap tahun diperbaharui dengan kuat pada hari ini. Semoga Tuhan yang Bangkit, yang mengalahkan dosa dan maut, mendukung kita semua terutama yang paling lemah dan mereka yang paling membutuhkan. Terima kasih atas kehadiran Anda dan kesaksian iman Anda. Sebuah pemikiran dan terima kasih khusus untuk pemberian bunga-bunga yang indah dari Belanda ini. Saya mengulangi dengan penuh kasih sayang kepada Anda semua: Semoga Kristus yang Bangkit membimbing Anda dan seluruh umat manusia pada jalan keadilan, kasih dan kedamaian!