Liturgical Calendar

WEJANGAN ANGELUS PAUS FRANSISKUS (17 Maret 2013)


Sekitar 200.000 orang menghadiri Angelus bersama Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, 17 Maret 2013. Inilah Angleus bersama Paus Fransiskus yang dibawakan dalam Bahasa Italia. Dalam kerumunan massa, seorang anak bernama Francesco yang berusia 3 tahun yang berada di pundak ayahnya, berkata dengan bahasa kanak-kanaknya : "Saya suka. Paus saya". Berikut adalah terjemahan wejangan Paus Fransiskus tersebut.


*****
Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi!. Setelah pertemuan pertama kita Rabu lalu, hari ini saya kembali memberikan salam saya kepada Anda semua! Dan saya senang melakukannya pada hari Minggu, hari Tuhan! Hal ini indah dan penting bagi kita orang Kristiani: bertemu pada hari Minggu, menyambut satu sama lain, berbicara seperti yang kita lakukan sekarang, di lapangan. Lapangan ini yang, berkat media, mengambil dimensi duniawi.
Dalam Minggu Prapaskah V ini, Injil menyajikan kita dengan kisah perempuan yang berzinah yang Yesus diselamatkan dari dihukum mati. Kisah tersebut menangkap sikap Yesus: kita tidak mendengar kata-kata penghinaan, kita tidak mendengar kata-kata kecaman, tetapi hanya kata-kata kasih, belas kasihan, yang mengundang kita untuk bertobat. "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang". Nah, saudara dan saudari! Wajah Allah yaitu wajah seorang bapa yang berbelas kasih yang selalu sabar. Pernahkah Anda berpikir tentang kesabaran Allah, kesabaran yang telah Dia miliki dengan kita masing-masing? Itu adalah rahmat-Nya. Dia selalu memiliki kesabaran, selalu sabar dengan kita, memahami kita, menunggu kita, tidak pernah lelah mengampuni kita jika kita tahu bagaimana kembali kepadanya dengan hati yang menyesal. Agunglah rahmat Tuhan, kata Pemazmur.
Pada hari-hari ini, saya telah bisa membaca sebuah buku karangan seorang kardinal - Kardinal Kasper, seorang teolog bertalenta, seorang teolog yang baik - tentang belas kasihan. Dan buku itu membuat saya begitu baik, tapi jangan berpikir bahwa saya mempublikasikan buku para kardinal saya. Itu bukan perkaranya! Buku itu membuat saya begitu baik, sangat baik ... Kardinal Kasper mengatakan bahwa mendengar kata belas kasih mengubah segalanya. Ini adalah hal terbaik yang kita dapat dengar: belas kasih mengubah dunia. Sekelumit belas kasih membuat dunia lebih dingin dan lebih adil. Kita perlu memahami belas kasih Allah dengan baik, Bapa yang penuh belas kasih yang memiliki kesabaran demikian ini ... Pikirkanlah nabi Yesaya yang menegaskan bahwa sekalipun dosa-dosa kita merah seperti kirmizi, kasih Allah akan menjadikan mereka putih seperti salju. Segi belas kasih itu indah. Saya ingat ketika, tepat setelah saya menjadi uskup, pada tahun 1992, Madonna dari Fatima datang ke Buenos Aires dan Misa besar untuk orang sakit dirayakan. Saya pergi untuk mendengar pengakuan pada Misa itu. Menjelang akhir Misa saya bangun karena saya harus melakukan peneguhan. Seorang wanita berusia 80 tahun lebih mendatangi saya, dengan rendah hati, sangat rendah hati. Saya bertanya: 'Nonna [nenek] - karena itulah bagaimana kita mengatasi ketuaan kita - Nonna, Anda mau mengaku?". Ya, dia berkata kepada saya. "Tapi bukankah Anda tidak berdosa ..." Dan dia berkata kepada saya: "Kita semua telah berdosa ...". "Tapi mungkin Tuhan tidak akan mengampuni Anda ... “. "Tuhan mengampuni semua orang, dia mengatakan kepada saya dengan pasti. "Tapi bagaimana Anda tahu itu, Nyonya?". Jika Tuhan tidak mengampuni orang, dunia tidak akan ada". Saya ingin bertanya padanya: Katakan padaku, apakah Anda belajar di Gregoriana [Universitas Kepausan]?, karena itulah kebijaksanaan yang diberikan Roh Kudus: hikmat batiniah akan belas kasih Allah. Mari kita tidak melupakan kata ini: Allah tidak pernah lelah mengampuni kita, tidak pernah! Jadi, Bapa, apa masalahnya?" Nah, masalahnya yaitu kita lelah, kita tidak menghendaki, kita lelah memohon pengampunan. Mari kita tidak pernah lelah. Mari kita tidak pernah lelah. Dia adalah Bapa yang penuh kasih yang selalu mengampuni, yang memiliki hati berbelas kasih bagi kita semua. Dan marilah kita juga belajar untuk berbelas kasih dengan semua orang. Mari kita memohon perantaraan Madonna yang telah mengadakan belas kasih Allah yang menjadi manusia.
****

Setelah berdoa Angelus, Paus disambut puluhan ribu umat beriman yang memenuhi Lapangan Santo Petrus: "Terima kasih untuk sambutan Anda dan doa-doa Anda," katanya. Saya memohon agar Anda berdoa untuk saya. Saya memperbaharui pelukan saya bagi umat beriman Roma dan memperluasnya bagi Anda semua yang telah datang dari berbagai bagian Italia dan dunia demikian juga bagi mereka yang bergabung dengan kita melalui media. Saya telah memilih nama Santo Pelindung dari Italia, Santo Fransiskus dari Asisi, dan ini memperkuat rohani saya yang bertalian pada tanah ini yang, seperti Anda ketahui, adalah asal keluarga saya. Tetapi Yesus memanggil kita untuk menjadi bagian dari sebuah keluarga baru: Gereja-Nya. [Dia telah memanggil] keluarga Allah ini menjalani bersama-sama jalan Injil. Semoga Tuhan memberkati Anda dan Sang Perawan melindungi Anda! Dan jangan melupakan ini: Tuhan tidak pernah lelah mengampuni. Kita adalah orang-orang yang lelah memohon pengampunan.
Kata-kata terakhir Paus kepada orang banyak yang berkumpul di Lapangan disambut dengan tepuk tangan yang memekakkan telinga: "Memiliki hari Minggu yang baik dan menikmati makan siang Anda!". Padahal saat itu hanya berbeda 15 menit dengan dua kegiatan menarik yang berlangsung di Roma hari itu: maraton kota dan open house Istana Quirinal.