Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS PADA DOA MALAIKAT TUHAN 15 AGUSTUS 2013

Berikut adalah kata-kata Bapa Suci sebelum pembacaan Doa Malaikat Tuhan pada akhir Misa perayaan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga, 15 Agustus 2013 di Castel Gandolfo.

************************

Saudara dan saudari terkasih.
Pada akhir perayaan ini kita beralih kepada Perawan Maria dengan doa Malaikat Tuhan. Jalan Maria menuju Surga dimulai dengan "ya" yang diucapkan di Nazaret, dalam tanggapan terhadap Pembawa Kabar surgawi yang memberitahukan kehendak Allah baginya. Dan pada kenyataannya hanya seperti itulah : setiap "ya" kepada Allah adalah sebuah langkah menuju Surga, menuju kehidupan kekal. Karena inilah apa yang diinginkan Tuhan: bahwa semua anak-anak-Nya memiliki hidup dalam kelimpahan! Allah menginginkan setiap orang bersama-Nya, di rumahnya!

Sayangnya, berita yang menyakitkan telah datang dari Mesir. Saya ingin memastikan doa saya untuk semua korban dan keluarga mereka, yang terluka dan semua orang yang menderita. Mari kita berdoa bersama untuk perdamaian, dialog dan rekonsiliasi d
alam bangsa terkasih itu dan seluruh dunia. Maria, Ratu Perdamaian, doakanlah kami. Mari kita semua mengatakannya, Maria, Ratu Perdamaian, doakanlah kami.

Saya ingin mengingat ulang tahun ke-25 Surat Apostolik Mulieris dignitatem, dari Beato Paus Yohanes Paulus II, tentang martabat dan panggilan perempuan. Dokumen ini penuh dengan gagasan-gagasan yang layak untuk diambil dan dikembangkan; dasar semua itu adalah sosok Maria, yang sebenarnya dikeluarkan pada kesempatan Tahun Maria. Mari kita membuat doa kita ditempatkan pada akhir Surat Apostolik ini (bdk. no. 31) sehingga, merenungkan misteri biblis perempuan, mengental dalam Maria, semua perempuana akan menemukan diri mereka dan kepenuhan panggilan mereka, dan dalam seluruh Gereja dapat memperdalam dan lebih memahami peran besar dan penting perempuan.

Saya berterima kasih kepada semua yang hadir, warga Castel Gandolfo dan para peziarah! Saya berterima kasih kepada Anda dan umat Castel Gandolfo, terima kasih banyak. Dan semua peziarah, terutama yang berasal dari Guinea dengan uskup mereka.

Saya menyapa dengan kasih sayang alumni dari Universitas Pasionis "Michael Ham" dari Vicente López, Argentina; demikian juga kaum muda dari band musikal dari Colegio José de Jesús Rebolledo, Coatepec, Meksiko.

Dan sekarang, semua bersama-sama, kita berdoa kepada Bunda kita:
[Setelah pembacaan Doa Malaikat Tuhan, Bapa Suci mengatakan:]
Saya mengharapkan Anda sebuah pesta yang menyenangkan hari ini, hari Bunda kita: selamat liburan dan miliki makan siang yang baik!