Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM AUDIENSI UMUM 5 Februari 2014 : TENTANG EKARISTI



Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi, tetapi bukan hari yang indah, [cuaca] sedikit buruk...
 
Bersama dengan Sakramen Baptis dan Sakramen Penguatan, Ekaristi adalah jantung "inisiasi Kristiani", dan merupakan sumber yang sesungguhnya kehidupan Gereja. Bahkan, dari Sakramen Kasih ini mengalir setiap jalan iman, persekutuan dan kesaksian yang otentik.

Apa yang kita lihat, ketika kita datang bersama-sama untuk merayakan Ekaristi - Misa, membuat kita menyadari apa yang akan kita jalani. Pusat daerah yang disediakan untuk perayaan adalah altar, yang merupakan sebuah meja, yang ditutupi dengan secarik kain, dan ini membuat kita berpikir tentang sebuah perjamuan. Di atas meja ada sebuah salib, untuk menunjukkan bahwa pada altar itu pengorbanan Kristus ditawarkan : Dia adalah santapan rohani yang diterima di sana, di bawah tanda-tanda roti dan anggur. Di sebelah altar adalah mimbar, yaitu, tempat yang darinya Sabda Allah diwartakan : ini menunjukkan bahwa kita berkumpul di sana untuk mendengar Tuhan yang berbicara melalui Kitab Suci, dan karena itu santapan yang diterima juga merupakan Sabda-Nya.


Sabda dan Roti seluruhnya menjadi satu dalam Misa, seperti dalam Perjamuan Terakhir, ketika seluruh kata Yesus, seluruh tanda yang dibuat-Nya, dipadatkan dalam gerak memecah-mecah roti dan mengedarkan piala, antisipasi pengorbanan salib, dan dalam kata-kata ini : "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku ... Ambil dan minumlah, inilah darah-Ku".

Gerak tubuh Yesus yang dibuat dalam Perjamuan Terakhir merupakan syukur-Nya yang sepenuhnya kepada Bapa karena kasih-Nya, karena belas kasih-Nya. "Ucapan syukur" dalam bahasa Yunani adalah "ekaristi". Dan karena ini Sakramen tersebut disebut Ekaristi : merupakan ucapan syukur utama kepada Bapa, yang telah sangat mengasihi kita memberikan kita Putra-Nya demi kasih. Inilah sebabnya mengapa istilah Ekaristi mengikhtisarkan semua gerak tubuh itu, yang merupakan gerak tubuh Allah dan manusia bersama-sama, gerak tubuh Yesus Kristus, sungguh Allah dan sungguh manusia.

Oleh karena itu, perayaan Ekaristi jauh lebih daripada sebuah perjamuan sederhana : pada kenyataannya merupakan peringatan Paskah Yesus, misteri sentral keselamatan. "Peringatan" tidak berarti hanya peringatan, sebuah peringatan sederhana tetapi berarti bahwa setiap kali kita merayakan Sakramen ini kita ikut serta dalam Sengsara, Kematian dan Kebangkitan Kristus. Ekaristi adalah puncak tindakan keselamatan Allah : Tuhan Yesus, menjadikan diri-Nya roti yang dipecah-pecah bagi kita, bahkan menumpahkan pada kita seluruh belas kasih-Nya dan kasih-Nya, sehingga memperbaharui hati kita, keberadaan kita dan cara kita berhubungan dengan Dia dan saudara-saudara kita. Oleh karena ini bahwa biasanya, ketika kita mendekati Sakramen ini, kita katakan kita "menerima Komuni", kita membuat “Komun” kita : ini berarti bahwa, dalam kuasa Roh Kudus, keikutsertaan di meja Ekaristi menyesuaikan kita dalam suatu cara yang unik dan mendalam kepada Kristus, sekarang telah memberikan kita suatu pendahuluan rasa persekutuan penuh dengan Bapa yang mencirikan perjamuan surgawi, di mana bersama semua orang kudus kita akan memiliki sukacita yang tak terbayangkan merenungkan Allah muka dengan muka.

Sahabat-sahabat terkasih, kita tidak pernah cukup bersyukur kepada Tuhan bagi karunia yang telah Dia berikan kepada kita dengan Ekaristi! Merupakan sebuah karunia agung dan karena alasan ini sangat penting untuk pergi ke Misa pada hari Minggu. Pergi ke Misa tidak hanya untuk berdoa, tetapi untuk menerima Komuni, roti ini yang adalah tubuh Kristus yang menyelamatkan kita, mengampuni kita, yang mempersatukan kita kepada Bapa. Indahnya melakukan ini! Dan setiap hari Minggu kita pergi ke Misa, karena sungguh merupakan hari Kebangkitan Tuhan. Karena alasan ini, hari Minggu sangat penting bagi kita. Dan dengan Ekaristi, kita merasakan kepemilikan Gereja ini, kepemilikan Umat Allah, kepemilikan Tubuh Allah, kepemilikan Yesus Kristus. Kita tidak akan pernah selesai mengumpulkan semua nilai dan kekayaannya. Lalu mari kita mohon kepada-Nya agar Sakramen ini dapat terus mempertahankan kehadiran-Nya yang hidup dalam Gereja dan membentuk komunitas-komunitas kita dalam amal dan persekutuan, sesuai dengan hati Bapa. Dan ini dilakukan selama seluruh hidup Anda, tetapi mulai dilakukan pada saat Komuni Pertama. Pentinglah agar anak-anak dipersiapkan dengan baik untuk Komuni Pertama dan agar setiap anak melakukannya, karena merupakan langkah pertama dari kepemilikan Yesus Kristus yang kuat ini, setelah Sakramen Baptis dan Sakramen Penguatan. Terima kasih!
*********

Penutur:
Saudara dan saudari terkasih : Dalam katekese kita tentang sakramen-sakramen inisiasi Kristiani, kita sekarang merenungkan Ekaristi, sakramen Tubuh dan Darah Kristus. Sebagai sumber kehidupan Gereja, Ekaristi menyertai setiap langkah peziarahan iman kita, hubungan persahabatan dan kesaksian. Misa merupakan sebuah perjamuan yang memelihara kita bukan hanya dengan roti kehidupan yang diterima dari altar, di mana pengorbanan Kristus ditawarkan, tetapi juga dengan pewartaan Sabda Allah dalam Kitab Suci. Pada Perjamuan Terakhir, Kristus memberi kita sakramen ini ketika Ia memecah-mecah roti dan mengedarkan piala sebagai pratanda pengorbanan-Nya di kayu salib. Dalam kurban Ekaristi, Yesus telah demikian memberi kita doa ucapan syukur utama kepada Allah Bapa kita yang penuh belas kasih. Sebagai peringatan sengsara, kematian dan kebangkitan Tuhan, Ekaristi menghadirkan misteri Paskah dalam seluruh kekuatannya yang menyelamatkan. Semoga kita bersyukur atas karunia agung ini, yang memberikan kita sebuah pratanda perjamuan surgawi ketika kita akan melihat Allah muka dengan muka. Mari kita memohon Tuhan, yang hadir dalam sakramen suci ini, selalu membentuk hidup kita dan komunitas-komunitas kita.

Bapa Suci (dalam Bahasa Italia):
Saya menyapa semua peziarah berbahasa Inggris yang hadir pada Audiensi hari ini, termasuk mereka yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat. Saya menyapa khususnya kelompok Suster-suster Misionaris Pallottine. Atas Anda dan keluarga Anda, saya memanjatkan berkat sukacita dan damai Allah!
*******

Saya memberikan sambutan ramah kepada umat beriman berbahasa Italia. Saya senang menerima para Uskup yang sedang mengambil bagian dalam Kongres yang diselenggarakan oleh Komunitas Sant'Egidio, dan para imam yang mengambil bagian dalam minggu studi tentang pembentukan manusia para calon imam, yang diselenggarakan oleh Universitas Kepausan Salib Suci. Saya berharap bahwa kunjungan Anda ke makam Santo Petrus merupakan sebuah kesempatan yang tepat untuk memperbaharui komitmen perutusan dalam pewartaan Injil, khususnya bagi kaum tersisih dan kaum miskin. Saya menyapa kelompok-kelompok paroki, khususnya umat paroki Santo Pasquale Baylon dari Paroki Portici; orang-orang militer Brigade Sassari dan Lembaga Romawi Para Penjaga Hotel. Saya berharap bahwa bagi semua pertemuan ini akan memperkuat iman, pertumbuhan dalam harapan, dan merangsang amal.

Saya juga mengalamatkan sebuah pemikiran khusus untuk begitu banyak orang, saudara dan saudari kita yang sedang menderita konsekuensi dari begitu banyak hujan di wilayah Tuscany dan di sini di Roma. Mari kita semua berdoa dan kita dekat pada mereka dengan kekuatan kita, kesetiakawanan kita dan dengan kasih kita.

Saya mengalamatkan sebuah pemikiran khusus bagi orang-orang muda, orang-orang sakit dan para pengantin baru. Karena hujan, orang-orang sakit berkumpul di Balai Pertemuan [Paulus VI] dan saya bisa menyapa mereka sebelum tiba di sini, dan mereka sedang mengikuti Audiensi di depan layar. Hari ini kita merayakan Peringatan Santa Agata, Perawan dan Martir. Semoga keutamaan heroiknya merangsang Anda, orang-orang muda terkasih, khususnya para mahasiswa Sekolah Kongregasi Santo Yohanes Pembaptis, untuk memahami pentingnya kemurnian dan keperawanan; semoga itu membantu Anda, orang-orang sakit terkasih, untuk menerima salib dalam  persatuan rohani dengan hati Kristus; dan semoga itu mendorong Anda, para pengantin baru terkasih, untuk memahami peran perempuan dalam kehidupan keluarga Anda.