Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA RATU SURGA 8 April 2018 : TENTANG HARI MINGGU KERAHIMAN ILAHI

Saudara-saudari terkasih, selamat pagi!

Sebelum berkat penutup, kita akan berpaling kepada Bunda surgawi kita. Namun, bahkan sebelumnya, saya ingin berterima kasih kepada kalian semua yang ambil bagian dalam perayaan ini, khususnya, Misionaris Kerahiman, yang berkumpul untuk pertemuan mereka. Terima kasih atas pelayanan kalian!


Kepada saudara-saudari kita dari Gereja-Gereja Timur yang, menurut kalender Yulian, hari ini merayakan hari raya Paskah, saya menyampaikan ucapan Paskah saya. Semoga Tuhan yang Bangkit memenuhi mereka dengan terang dan kedamaian serta menghibur jemaat-jemaat yang hidup dalam situasi yang sangat sulit.

Sambutan khusus tertujukan kepada bangsa Rom dan Sinti yang hadir di sini, pada kesempatan Hari Internasional mereka “Romano Dives.” Saya mengharapkan kedamaian dan persaudaraan bagi para anggota bangsa-bangsa kuno ini, dan saya mengharapkan Hari Internasional tersebut hari ini akan menumbuhkan budaya perjumpaan, dengan kehendak baik untuk saling mengenal dan menghormati. Inilah jalan yang mengarah pada penyatupaduan sejati. Bangsa Rom dan Sinti yang terhormat, doakan saya dan marilah kita berdoa bersama untuk saudara-saudara kalian para pengungsi Suriah.

Saya menyambut semua peziarah lainnya yang hadir di sini, kelompok-kelompok paroki, keluarga-keluarga, lembaga-lembaga dan, bersama-sama, kita menempatkan diri kita di bawah mantel Maria, Bunda Kerahiman.

[Setelah pendarasan doa Ratu Surga]

Berita yang mengerikan mencapai kita dari Suriah tentang pemboman dengan puluhan korban, banyak di antaranya adalah perempuan dan anak-anak. Berita tentang begitu banyak orang yang terkena pengaruh zat kimia yang terkandung dalam bom tersebut. Marilah kita mendoakan semua orang-orang yang meninggal, orang-orang yang terluka, keluarga-keluarga yang menderita.

Tidak ada perang yang baik atau buruk dan tidak ada - tidak ada yang bisa membenarkan penggunaan alat-alat pemusnahan semacam itu terhadap orang-orang dan penduduk yang tak berdaya. Marilah kita berdoa agar para penanggung jawab politik dan militer dapat memilih jalan lain, jalan negosiasi, satu-satunya jalan yang dapat mengarah pada perdamaian yang bukan jalan kematian dan jalan penghancuran.