Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS BENEDIKTUS XVI DALAM AUDIENSI UMUMNYA YANG TERAKHIR (27 Februari 2013)



Rabu, 27 Februari 2013, Paus Benediktus XVI merayakan audiensi umumnya yang terakhir. Di Lapangan Santo Petrus, yang penuh sesak dengan puluhan ribu orang yang ingin mengucapkan selamat berpisah, Paus mengatakan: "Terima kasih atas kedatangan dalam jumlah besar pada audiensi umum saya yang terakhir. Terima kasih, saya benar-benar tergerak hati! Dan saya melihat Gereja hidup! Saya pikir kita juga harus berterima kasih kepada Sang Pencipta untuk cuaca indah yang Dia berikan kepada kita sekarang, bahkan di musim dingin". Berikut adalah teks lengkap kata-kata Bapa Suci :


Seperti Rasul Paulus dalam teks Kitab Suci yang telah kita dengar, saya merasa dalam hati saya bahwa saya harus berterima kasih secara khusus kepada Allah yang membimbing dan membangun Gereja, yang menanam Sabda-Nya dan dengan demikian memelihara iman dalam Umat-Nya. Pada saat ini hati saya membentang dan merangkul seluruh Gereja di seluruh dunia dan saya berterima kasih kepada Allah untuk 'warta' yang, dalam tahun-tahun jabatan Petrus saya ini, telah saya terima tentang iman dalam Tuhan Yesus Kristus dan untuk kasih yang benar-benar beredar dalam tubuh Gereja, menjadikannya hidup dalam kasih dan harapan yang terbuka untuk kita dan membimbing kita menuju kepenuhan hidup, menuju tanah air surgawi kita.

Saya merasa bahwa saya sedang membawa semua orang bersama saya dalam doa di saat yang diberikan Allah ini ketika saya sedang merangkai setiap pertemuan, setiap perjalanan, setiap kunjungan pastoral. Saya sedang menghimpun semua orang dan segala sesuatu dalam doa untuk mempercayakannya kepada Tuhan: sehingga kita dapat dipenuhi dengan pengetahuan akan kehendak-Nya melalui seluruh hikmat  dan pengertian rohani untuk menghidupi Tuhan dan kasih-Nya secara layak, memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik (bdk. Kol 1:9-10).
Pada saat ini saya memiliki keyakinan besar karena saya memahami, kita semua memahami, bahwa Sabda Injil tentang kebenaran adalah kekuatan Gereja; itulah hidupnya. Injil memurnikan dan memperbaharui, menghasilkan buah, di mana pun komunitas orang percaya mendengarnya dan menyambut kasih karunia Allah dalam kebenaran dan dalam kasih. Ini adalah keyakinan saya, ini adalah sukacita saya.

Ketika, pada tanggal 19 April hampir delapan tahun yang lalu saya menerima untuk mengambil jabatan Petrus, saya memiliki kepastian teguh yang selalu menemani saya: kepastian ini karena kehidupan Gereja dari Sabda Allah. Pada saat itu, seperti yang telah saya nyatakan berkali-kali, kata-kata yang bergema di dalam hati saya adalah: Tuhan, apa yang Engkau minta dari saya? Ini adalah beban berat yang Engkau tempatkan di bahu saya tapi, jika Engkau memintanya kepada saya, saya akan menebarkan jala saya pada perintah-Mu, meyakini bahwa Engkau akan membimbing saya, bahkan dengan semua kelemahan saya. Dan delapan tahun kemudian saya dapat mengatakan bahwa Tuhan telah membimbing saya. Ia telah dekat dengan saya. Saya telah merasakan kehadiran-Nya setiap hari. Ini telah menjadi hamparan jalan Gereja yang telah memiliki saat-saat sukacita dan terang, tetapi juga saat-saat sulit. Saya merasa seperti Santo Petrus dan para Rasul dalam perahu di Laut Galilea. Tuhan telah memberi kita banyak hari matahari bersinar dan angin sepoi-sepoi, hari ketika hasil tangkapan berlimpah, tetapi juga saat-saat ketika air tak bersahabat dan angin melawan kita, sama seperti sepanjang sejarah seluruh Gereja, ketika Tuhan tampaknya tertidur. Tapi saya selalu memahami bahwa Tuhan ada di perahu itu dan saya selalu memahami bahwa perahu Gereja bukanlah milik saya, bukan milik kita, tapi milik-Nya. Dan Tuhan tidak akan membiarkannya tenggelam. Dia adalah yang mengarahkan diri-Nya, tentu juga melalui mereka yang telah Dia pilih karena hal itu merupakan bagaimana Dia menghendakinya. Ini adalah kepastian bahwa tidak ada yang dapat merusak. Dan itulah sebabnya sekarang hati saya penuh dengan rasa syukur kepada Allah, karena Dia tidak pernah meninggalkan seluruh Gereja atau atau saya – tanpa penghiburan-Nya, terang-Nya, atau kasih-Nya.

Kita berada dalam Tahun Iman, yang saya inginkan justru untuk memperkuat iman kita dalam Allah dalam konteks yang tampaknya memindahkannya lebih dan lebih ke latar belakang. Saya ingin mengajak semua orang untuk memperbaharui keyakinan mereka yang teguh dalam Tuhan, mempercayakan diri kita seperti anak-anak pada lengan Allah, meyakini bahwa lengan itu selalu memegang kita dan apa yang memungkinkan kita untuk berjalan ke depan setiap hari, bahkan ketika itu adalah perjuangan. Saya ingin semua orang untuk merasa dikasihi Allah yang memberikan Putera-Nya bagi kita dan yang telah menunjukkan kepada kita kasih-Nya yang tak terbatas. Saya ingin semua orang untuk merasakan sukacita menjadi orang Kristiani. Dalam sebuah doa yang indah, yang dapat didaraskan setiap pagi, dikatakan: "Aku menyembah-Mu Allahku dan aku mengasihi-Mu dengan sepenuh hati saya. Terima kasih karena telah menciptakan saya, karena telah membuat saya Kristiani ...”. Ya, kita senang karena karunia iman. Ini adalah hal yang paling berharga, yang tak seorang pun dapat mengambil dari kita! Mari kita bersyukur kepada Tuhan untuk setiap hari ini, dengan doa dan dengan kehidupan Kristiani yang koheren. Allah mengasihi kita, tetapi menunggu kita untuk juga mengasihi-Nya!

Tidak hanya kepada Allah saya ingin berterima kasih pada saat ini. Seorang Paus tidak sendirian dalam memimpin takhta Petrus, bahkan jika itu adalah tanggung jawab utamanya. Saya tidak pernah merasa sendirian dalam memikul sukacita dan beratnya jabatan Petrus. Tuhan telah mengambil tempat di samping saya sehingga banyak orang yang, dengan kemurahan hati dan kasih kepada Allah dan Gereja, telah membantu saya dan telah dekat dengan saya. Pertama-tama, Anda, Saudara Kardinal yang terkasih: hikmat Anda, saran Anda, dan persahabatan Anda telah berharga bagi saya. Rekan kerja saya, dimulai dengan sekretaris negara saya yang telah setia menemani saya selama bertahun-tahun; Sekretariat Negara dan seluruh Kuria Roma, serta semua orang yang, di berbagai daerah mereka, melayani Tahta Suci. Ada banyak wajah yang tidak pernah terlihat, yang tetap tinggal dalam ketidakjelasan, tapi justru dalam keheningan mereka, dalam pengabdian mereka sehari-hari dalam semangat iman dan kerendahan hati, mereka adalah dukungan yang pasti dan dapat diandalkan bagi saya. Sebuah pemikiran khusus pergi ke Gereja Roma, keuskupan saya! Saya tidak bisa melupakan saudara saya dalam episkopat dan dalam imamat, orang-orang yang dikuduskan, dan seluruh Umat Allah. Dalam kunjungan, pertemuan, audiensi, dan perjalanan pastoral saya selalu merasakan kepedulian yang sangat dan kasih sayang yang mendalam, tapi saya juga mengasihi masing-masing dan setiap orang dari Anda, tanpa kecuali, dengan kasih pastoral yaitu hati setiap imam, terutama Uskup Roma, penerus Rasul Petrus. Setiap hari saya memegang Anda masing-masing dalam doa, dengan hati seorang bapa.

Saya ingin menyampaikan salam saya dan terima kasih saya kepada semua: hati Paus membentang ke seluruh dunia. Dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Korps Diplomatik yang terakreditasi untuk Takhta Suci, yang membuat keluarga besar bangsa-bangsa hadir di sini. Di sini saya juga memikirkan semua orang yang bekerja untuk komunikasi yang baik dan saya berterima kasih kepada mereka untuk layanan penting mereka.

Pada titik ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati bagi semua orang di seluruh dunia yang, dalam beberapa pekan terakhir, telah menyampaikan pada saya sentuhan kenang-kenangan perhatian, persahabatan, dan doa. Ya, Paus tidak pernah sendirian. Saya merasakan ini lagi sekarang dalam suatu cara agung yang menyentuh hati saya. Paus milik semua orang dan banyak orang merasa sangat dekat dengannya. Memang benar bahwa saya menerima surat dari tokoh-dari dunia – dari para kepala negara, dari para pemimpin keagamaan, dari perwakilan budaya dunia, dll Tapi saya juga menerima banyak surat dari orang-orang biasa yang menulis kepada saya benar-benar dari hati mereka dan membuat saya merasakan kasih sayang mereka, yang dilahirkan dari keberadaan kita bersama-sama dengan Kristus Yesus, dalam Gereja. Orang-orang ini tidak menulis kepada saya salah satu cara penulisan, misalnya, untuk seorang pangeran atau Pembesar karena mereka tidak tahu. Mereka menulis kepada saya sebagai saudara dan saudari atau sebagai putra dan putri, dengan perasaan ikatan kekeluargaan yang berkasih sayang. Dalam hal ini Anda dapat meraba apa Gereja - bukan organisasi, bukan sebuah perhimpunan untuk tujuan keagamaan atau kemanusiaan, tetapi tubuh yang hidup, suatu persekutuan saudara dan saudari dalam Tubuh Yesus Kristus yang menyatukan kita semua. Mengalami Gereja dengan cara ini dan memampukan sentuhan dengan tangan kita kekuatan kebenaran-Nya dan kasih-Nya merupakan suatu alasan untuk sukacita saat ini ketika banyak orang sedang membicarakan pengundurannya. Lihat bagaimana Gereja masih hidup hari ini!
Dalam bulan-bulan terakhir ini saya merasa bahwa kekuatan saya sudah berkurang dan saya bertanya kepada Allah dengan sungguh-sungguh dalam doa untuk mencerahkan saya dengan terang-Nya untuk menjadikan saya membuat keputusan yang tepat, bukan untuk kebaikan saya sendiri, tapi untuk kebaikan Gereja. Saya telah mengambil langkah ini dalam kesadaran penuh keseriusan dan juga kebaharuan, tetapi dengan ketenangan pikiran yang mendalam. Mengasihi Gereja juga berarti memiliki keberanian untuk membuat pilihan sulit dan menyebabkan penderitaan, selalu mengingat kebaikan Gereja, bukan dari diri sendiri.

Izinkan saya di sini untuk kembali sekali lagi ke tanggal 19 April 2005. Keputusan berat terletak tepatnya pada kenyataan bahwa, sejak saat itu, saya selalu dan selalu terlibat dengan Tuhan. Selalu siapa pun yang memangku jabatan Petrus tidak lagi memiliki privasi. Dia selalu dan sepenuhnya bagi semua orang, bagi seluruh Gereja. Hidupnya, sehingga untuk berbicara pun, benar-benar kehilangan dimensi pribadi. Saya telah mengalami, dan saya sedang mengalami hal itu justru sekarang, orang-orang menerima hidup justru ketika mereka memberikannya. Sebelumnys saya mengatakan bahwa banyak orang yang mengasihi Tuhan juga mengasihi Penerus Santo Petrus dan menyukainya; maka Paus benar-benar memiliki saudara dan saudari, putra dan putri di seluruh dunia dan karena ia merasa aman dalam pelukan persekutuan mereka; karena ia tidak lagi milik dirinya sendiri tapi dia milik semua dan semua miliknya.

“Selalu”adalah juga selamanya” - tidak ada kembali lagi kepada kehidupan pribadi. Keputusan saya untuk meninggalkan pelaksanaan jabatan secara aktif tidak membatalkannya. Saya tidak kembali ke kehidupan pribadi, ke kehidupan perjalanan, pertemuan, resepsi, konferensi, dll. Saya tidak meninggalkan salib, tapi saya tetap di samping Tuhan yang Disalibkan dengan cara baru. Saya tidak lagi memikul kuasa kantor bagi pemerintahan Gereja, tetapi saya tetap dalam pelayanan doa, dalam lapangan rumput kecil Santo Petrus, boleh dikatakan. Santo Benediktus, yang namanya saya gunakan sebagai Paus, akan menjadi teladan yang bagus bagi saya dalam hal ini. Dia telah menunjukkan kepada kita cara untuk hidup yang, aktif atau pasif, sepenuhnya termasuk karya Allah.

Saya juga berterima kasih kepada masing-masing dan setiap orang dari Anda untuk menghormati dan memahami yang dengannya Anda telah menerima keputusan penting. Saya akan terus menemani perjalanan Gereja melalui doa dan refleksi, dengan pengabdian kepada Tuhan dan Mempelai-Nya yang telah saya coba hidupi setiap hari sampai sekarang dan saya ingin selalu hidupi. Saya meminta Anda untuk mengingat saya kepada Allah, dan di atas semua berdoa bagi para kardinal yang dipanggil untuk tugas penting demikian, dan untuk Penerus Rasul Petrus yang baru. Semoga Tuhan menemaninya dengan cahaya dan kekuatan Roh-Nya.

Kita serukan perantaraan keibuan Maria, Bunda Allah dan Gereja, sehingga ia menyertai kita dan seluruh komunitas gerejawi. Kita percayakan diri kepadanya dengan keyakinan yang mendalam.

Teman-teman yang terkasih! Allah membimbing Gereja-Nya, selalu menjaganya bahkan dan terutama di masa-masa sulit. Mari kita tidak pernah kehilangan visi iman, yang merupakan visi satu-satunya yang benar dari jalan Gereja dan dunia. Dalam hati kita, dalam masing-masing dari Anda, semoga selalu ada kepastian yang menggembirakan bahwa Tuhan berada di samping kita, bahwa Dia tidak meninggalkan kita, maka Dia dekat dan memeluk kita dengan kasih-Nya. Terima kasih.